Peningkatan Kesadaran Keuangan Digital Melalui Literasi Berbasis Web untuk Mengatasi Resiko Pinjaman Online pada Generasi Muda Darul Ittihad Desa Campor Madura

Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi di Madrasah Aliyah Darul Ittihad, Madura

Authors

  • Niken Savitri Primasari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya https://orcid.org/0000-0003-4953-8234
  • Rizki Amalia Elfita Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Luluk Khoiriyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4350

Keywords:

Keuangan, literasi digital, Pengabdian Masyarakat, Pinjaman Online Ilegal

Abstract

Permasalahan pinjaman online ilegal yang ada di Indonesia terus meningkat, dengan rendahnya kesadaran masyarakat tentang cara menghindari dan melaporkan praktik-praktik pinjaman online tersebut. Literatur media menunjukkan bahwa hanya 25% masyarakat yang sadar akan mekanisme pelaporan dan 45,8% tidak tahu cara menghindari pinjaman online ilegal. Meskipun OJK telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan, dampaknya masih sangat terbatas, dengan tingkat literasi keuangan nasional hanya sebesar 49,68%. Proyek pengabdian masyarakat ini dipilih untuk mengatasi masalah tersebut dengan meningkatkan literasi keuangan digital di kalangan siswa Madrasah Aliyah Darul Ittihad, Desa Campor Geger, Madura, para Ustad dan Ustadzah serta Para Pengurus Koppontren Darul Ittihad. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan tentang pengelolaan keuangan digital dan pemahaman risiko pinjaman online, serta kampanye edukasi melalui lokakarya, seminar, dan juga melalui media sosial. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang literasi keuangan digital dan penurunan jumlah individu yang tertarik pada pinjaman online ilegal. Secara rata-rata, terdapat peningkatan signifikan sebesar 73% dalam pemahaman dan kesadaran peserta terkait literasi keuangan digital dan risiko pinjaman online setelah mengikuti kegiatan ini. Pentingnya hasil pengabdian ini terletak pada peningkatan literasi keuangan yang signifikan, yang diharapkan dapat mengurangi risiko masyarakat terjebak dalam skema pinjaman online ilegal dan meningkatkan kesejahteraan finansial mereka secara keseluruhan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akyuwen, R., Nanere, M., & Ratten, V. (2022). Technology Entrepreneurship: Fintech Lending in Indonesia. In V. Ratten (Ed.), Entrepreneurial Innovation (pp. 151–176). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-4795-6_14

Gomulya, A. M. (2023). EFEKTIVITAS PERAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DIGITAL, STUDI KASUS PADA KORBAN KEJAHATAN PINJAMAN ONLINE ILEGAL. KRITIS, 32(2), 117–136. https://doi.org/10.24246/kritis.v32i2p117-136

Khadijah, S. N., Sunarmi, S., & Ramadhan, M. C. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Pemberi Pinjaman dalam Sistem Fintech Peer to Peer Lending (Studi pada Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(3), 1996–2011. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i3.1451

Kumar, P., Islam, M. A., Pillai, R., & Sharif, T. (2023). Analysing the behavioural, psychological, and demographic determinants of financial decision making of household investors. Heliyon, 9(2), e13085. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13085

Liu, B., & Lu, B. (2023). Can financial literacy be a substitute for financial advisers? Evidence from China. Pacific-Basin Finance Journal, 79, 102046. https://doi.org/10.1016/j.pacfin.2023.102046

Ni Ketut Priantini & Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani. (2023). Penguatan Literasi Keuangan melalui Gelar Edukasi CBP Rupiah di SMP Negeri 1 Tabanan. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 147–154. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3254

,Sip., M.Si, I., Suryati, & Hamim, S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital pada Mahasiswa dalam Pengembangan Organisasi dan Kepemimpinan. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(2), 85–93. https://doi.org/10.36982/jam.v7i2.3130

Tan, J., Cai, D., Han, K., & Zhou, K. (2022). Understanding peasant household’s land transfer decision-making: A perspective of financial literacy. Land Use Policy, 119, 106189. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2022.106189

Van Rooij, M., Lusardi, A., & Alessie, R. (2011). Financial literacy and stock market participation. Journal of Financial Economics, 101(2), 449–472. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2011.03.006

Yang, J., Wu, Y., & Huang, B. (2023). Digital finance and financial literacy: Evidence from Chinese households. Journal of Banking & Finance, 156, 107005. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2023.107005

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Primasari, N. S., Rizki Amalia Elfita, & Luluk Khoiriyah. (2024). Peningkatan Kesadaran Keuangan Digital Melalui Literasi Berbasis Web untuk Mengatasi Resiko Pinjaman Online pada Generasi Muda Darul Ittihad Desa Campor Madura: Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi di Madrasah Aliyah Darul Ittihad, Madura. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 91–97. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4350

Issue

Section

Articles