Revitalisasi Semangat Literasi Taman Baca Melalui Pemanfaatan Infografis Dengan Metode Humanitas

Authors

  • Helen Safitri Safitri Universitas Pamulang
  • Nur Fitriyanah Universitas Pamulang
  • Nurhayati Universitas Pamulang
  • Siti Maryam Nurillah Universitas Pamulang
  • Sonia Universitas Pamulang
  • Arip Kristiyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4375

Keywords:

Literasi, Infografis, Humanitas, Taman Baca

Abstract

Berdasarkan survei Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022 Indonesia skor kemampuan rata-rata siswa Indonesia pada kemampuan membaca menurun dibandingkan tahun 2018, memperoleh skor 359 dari skor rata-rata dunia 469. Kemampuan membaca merupakan kemampuan dalam memahami dan menyerap makna berbagai informasi. Namun, banyak orang yang belum mengetahui manfaat membaca dan cenderung mengabaikannya. Perkembangan teknologi, alih-alih menjadi penunjang belajar, justru menjadi penghalang karena banyak anak yang terjebak dalam konsumsi hiburan (game, dll. Desa Mengger sudah memiliki taman baca namun keberadaanya belum dimaksimalkan. Hasil diskusi dengan mitra terdapat permasalahan yang dialami diantaranya: 1) rendahnya minat baca anak usia (5-12) tahun warga Mengger, 2) tempat baca yang kurang nyaman dan koleksi buku sedikit, 3) kurangnya tenaga pengelola yang kreatif dan inovatif. Metode yang digunakan meliputi tahap persiapan, implementasi infografis, pendekatan humanitas, dan evaluasi. Hasil program menunjukkan peningkatan minat baca anak-anak dan kualitas pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mengger Membaca. Penggunaan infografis yang menarik berhasil menarik perhatian anak-anak dan memberikan informasi yang jelas bagi pengelola TBM. Berdasarkan evaluasi menunjukkan peningkatan jumlah anak-anak yang mengunjungi taman bacaan dan belajar bersama. Kemampuan dan pemahaman pengelola TBM Mengger membaca mengenai infografis meningkat 30 %. Pada minat belajar anak anak kampung mengger terjadi peningkatan 38 anak, Kegiatan pertama jumlah peserta sebanyak 13 anak hingga kegiatan ke 5 naik menjadi 51 anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat Adi. (2024, January 25). PISA 2022: Kemampuan Sains Pelajar Indonesia Turun. Databoks.Katadata.Co.Id.

Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2024/01/25/Pisa-2022-Kemampuan-Sains-Pelajar- Indonesia-Turun

Hanum, F., Fitriandika Sari, N., Siregar, M., & Herawati Limbong, C. (2024). Meningkatkan Semangat Membaca Siswa SDN 04 Melalui Literasi Taman Bacaan Di Desa Rintis Kabupaten Labuhanbatu. Ika Bina En Pabolo : Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–24.

Hasisah, S. N., Umaya, N. M., & Riyanawati, D. S. (2024). Transformasi Teks Infografis Sebagai Strategi Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 22(2). Https://Doi.Org/10.26499/Mm.V22i2.6040.

Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis Sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS Di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4). Https://Doi.Org/10.17509/Pedadidaktika.V7i4.30132

Hewi, L., & Shaleh, Muh. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). Https://Doi.Org/10.29408/Jga.V4i01.2018

Irman Syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal Of Community Empowerment, 1(1).

Martini, N. N., & Sueca, I. N. (2023). Penggunaan Media Infografis Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Kelas X AKL 1 SMKN 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Deiksis, 5(1).

Maulana, A., & Firdaus, N. M. (2023). Jurnal Comm-Edu Peran Taman Bacaan Terhadap Minat Baca Masyarakat Di Taman Bacaan Masyarakat Stone Garden. Jurnal Comm-Edu, 6(2), 62–69.

Salsabilla, T. D., Yuliati, Y., & Cahyaningsih, U. (2021). Studi Literatur : Penggunaan Media Visual Infografis. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unma “System Thinking Skills Dalam Upaya Mentransformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0.”

Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2). Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V2i2.11842

Tukan, G. D., Fatima Nifu, M. O., Besin, J. A., Setyaningsih, F. D., De Rozari, C. C., Nogi Beribe, M. A., Martins, J. A., & Melly Rani, M. E. (2023). Pembelajaran Literasi Media Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 155–161. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.333

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Safitri, H. S., Fitriyanah, N., Nurhayati, Nurillah, S. M., Sonia, & Kristiyanto, A. (2024). Revitalisasi Semangat Literasi Taman Baca Melalui Pemanfaatan Infografis Dengan Metode Humanitas. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4375

Issue

Section

Articles