Pendampingan Guru dalam Manajemen Evaluasi Pembelajaran di SD Negeri 125138 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4598Keywords:
Manajemen, Evaluasi, Pembelajaran, Pendidikan DasarAbstract
Sosialisasi kegiatan pendampingan guru dalam manajemen evaluasi pembelajaran ini didorong oleh meningkatnya jumlah satuan pendidikan dasar di kota Pematangsiantar. Situasi ini menimbulkan masalah baru bagi guru-guru di tingkat pendidikan dasar yaitu dominasi guru honorer berkualifikasi pendidikan yang tidak linear dengan bidang keahliannya. Permasalahan ini sebagai dampak rendahnya pengalaman mengajar, penggunaan metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut, tim pengabdi dosen bersama mahasiswa dari Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pola pendampingan bagi guru-guru di SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Metode pendampingan dilakukan dengan langkah-langkah: mengikuti Focus Group Discussion, orientasi, workshop, unjuk kerja, verifikasi, dan visiting ke sekolah. Hasil kegiatan kegiatan pelatihan dan pendampingan guru dalam manajemen evaluasi pembelajaran ini, 87,25 % berdampak positif meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru. Hal ini dapat dilihat dari adanya pemahaman yang benar dan sempurna pada guru tentang konsep dan urgensi evaluasi dalam program pembelajaran dan cara pandang guru dan komitmen dalam melaksanakan evaluasi sudah semakin baik khususnya dalam proses manajemen evaluasi pembelajaran anak di SD Negeri 125138 Pematangsiantar untuk semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Dalam perspektif manajemen, kegiatan pengabdian dalam pola pendampingan, workshop, lokakarya, dan sejenisnya telah disusun secara terencana dan terprogram, sehingga mendapatkan dampak yang cukup baik untuk peningkatan proses pembelajaran di sekolah tersebut. Hasil kegiatan ini menyarankan kepada perguruan tinggi agar dapat berkesinambungan melaksanakan kegiatan pengabdian dengan mencermati isu-isu tren dalam dunia pendidikan dasar serta membangun hubungan kerjasama antar lembaga, sehingga tujuan dari manajemen evaluasi pembelajaran dapat meningkat di masa yang akan datang.
Downloads
References
Adi Candra Kusuma, & Hari Tri Wibowo. (2024). Pendampingan Studi Independent Mahasiswa melalui Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp di PT Ozami Inti Sinergi. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 63–74. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4191
Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & Nurhasanah, N. (2023). Pendampingan Komunitas Guru SD dalam Merancang Capaian Pembelajaran Berbasis Muatan Literasi dan STEAM. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 80–90. https://doi.org/10.53621/jippmas.v3i2.27 0
I’tishom, M. F., Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Persepsi Harga terhadap Sikap serta Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 514–532. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1793
Jenderal, D., Tinggi, P., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka.
Khairani, E., Giatman, M., & others. (2021). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Komitmen Guru. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 52–60. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.502 6
Marcelina, D., & Yulianti, E. (2022). WORKSHOP TEKNOLOGI INFORMASI “DASAR CYBER SECURITY” PADA SMK PGRI TANJUNG RAJA OGAN ILIR (OI). Jurnal Abdimas Mandiri, 6(2), 67–72.
Nurdiansyah, E., Chotimah, U., Faisal, E., & others. (2023). Pendampingan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru PPKn SMA di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 1– 8. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdim as.v5i1.2161
Permatasari, I., Sartika, D., & Saluza, I. (2023). WORKSHOP MEMBUAT DAN MENGGUNGAH VIDEO PEMBELAJARAN SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SMP NEGERI 30 PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 6(3). https://doi.org/10.36982/jam.v6i3.2710
Rahman, A., Satispi, E., & Setyaningrum, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kampus Merdeka : Studi Pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Jurnal Reformasi Administrasi : Jurnal Ilmiah Mewujudkan Masyarakat Madani, 10(1), 36–44. http://ojs.stiami.ac.id
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92–102. https://doi.org/https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/481/2 74
Rusdianto, R., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2023). Pendampingan Desain Peraga dan Perangkat Pembelajaran Inovatif bagi Guru di Gugus Sekolah Dasar Srono, Banyuwangi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 651–657. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2561
Salfia Putri Dewina Santri, H. E. A. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Program Magang Mahasiswa Sebagai Upaya Mencetak Sumber Daya Manusia Unggul Dan Berdaya Saing Merdeka Learning Merdeka Campus: Student Internship Program as an Effort to Create Excellent and Competitive Human Resources 1) Salfia Putri Dewina Santri, 2) Hanung Eka Atmaja. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170–178. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i2.215
Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., Bagus, D., & Santoso, J. (2020). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. In Jurnal Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat-DRPM ITS (Vol. 4, Issue 3). https://zoom.us/j/91019044215?pwd=M05PMkh6YlRM
Solechan, S., Afif, Z. N., Sunardi, S., & Masrufa, B. (2023). Pelatihan dan pendampingan tentang strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Guru bidang profesional di SMA Primaganda Jombang. An Naf’ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.54437/annafah.v1i2.12 69
Syamsuadi, A., Sepriyani, H., Endrini, S., & Febriani, A. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Abdurrab pada Program Magang Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2203
Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 osco parmonangan sijabat, Eva Saryati Panggabean, Injen Pardamean Butar-Butar, Herlina Hotmadinar Sianipar, Sabar Mangatur Agustinus Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.