Pengembangan Modul Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Matematika di SDN Bebie

Authors

  • ahmad taufik ahmad Institut pendidikan Nusantara Global
  • L. Hasan Ashari Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Munawir Gazali Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Bq. Dewi Muhimmah

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4664

Keywords:

Model PBL, Literasi Numerasi

Abstract

Siswa SD yang sudah seharusnya mengenal literasi dan numerasi masih belum optimal dikarenakan kurangnya fokus terhadap kegiatan pendidikan yang dilakukan guru. Guru di SDN Bebie Praya Lombok Tengah belum melaksanakan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi, karena dilihat dari modul yang digunakan guru masih mengadopsi modul dari orang lain dan menggunakan buku teks lama. Pelatihan ini bertujuan untuk membimbing guru dalam mengembangkan modul ajar berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Disamping itu juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Metode yang digunakan dalam Pengabdian Masyarakat ini meliputi penjaringan kebutuhan awal melalui survei dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru, pengembangan modul ajar berbasis masalah, pelatihan dengan pendampingan dan evaluasi secara langsung serta pemberian masukan dan saran. Dilihat dari aspek minat modul sekitar 80%, dari segi materi 78,33%, dan dari segi bahasa 78%, data tersebut telah menunjukkan bahwa pelatihan telah berhasil dan mengalami peningkatan. Kesimpulannya, penggunaan modul ajar berbasis masalah dalam pembelajaran matematika dapat memudahkan guru dalam menyusun modul ajar, meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa yang terjadi setelah menerapkan modul ajar berbasis masalah dan memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Oleh karena itu, hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini memberikan gambaran bahwa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus mampu membuat rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar, permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, serta penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan benda-benda yang ada di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AlperAslan. (2021). Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem- Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47.

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.

Cohen Kadosh, R., Dowker, A., Heine, A., Kaufmann, L., & Kucian, K. (2013). Interventions for improving numerical abilities: Present and future. Trends in Neuroscience and Education, 2(2), 85–93. https://doi.org/10.1016/j.tine.2013.04.001

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i1.254

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 – 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484.

Huang, L., Doorman, M., & van Joolingen, W. (2020). InquiryBased Learning Practices in Lower- Secondary Mathematics Education Reported by Students from China and the Netherlands.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828

Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(1), 35-42

Mahmud, M. R., Pratiwi, I. M., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2019).

Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. 4(1), 69–88

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Saggaf, A., Hakiki, A., Efriandy, I., Hidayat, M., Hamzah, R. S., Listya, A., & Fitria, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Media Daring Zoom Dan Google Meetpada Guru Dan Karyawan Di Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 5(2), 102-107; DOI: https://doi.org/10.36982/jam.v5i2.1833 .

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

ahmad, ahmad taufik, Ashari, L. H., Gazali, M., & Muhimmah, B. D. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Matematika di SDN Bebie. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(3), 314–322. https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4664

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 14 / PDF downloads: 12