Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Paper Mode Quizizz bagi Guru SMA Negeri 12 Semarang

Authors

  • Aisyiah Al Adawiyah Universitas Negeri Semarang
  • Ria Fitrasih Universitas Negeri Semarang
  • Dany Buyung Yudha Prasetya Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4670

Keywords:

Diferensiasi, Paper Mode, Pembelajaran, Quizizz

Abstract

Masifnya penggunaan gawai berakses internet di ruang kelas menimbulkan ketergantungan siswa terhadap gawai dan berdampak pada kurangnya produktivitas siswa dalam belajar. Di era Google misalnya, akses online di kelas membuat siswa cukup sering mengajukan pertanyaan ke Google dibandingkan dengan membaca buku. Berdasarkan hasil survei lapangan, guru sekolah menyatakan bahwa kasus siswa yang asyik bermain ponsel ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran sering terjadi, sehingga siswa tidak mendengarkan dan tidak mengerti materi yang dijelaskan. Maka, penggunaan media belajar yang dapat membuat siswa kembali fokus belajar sangat membantu untuk diterapkan di kelas, seperti halnya Paper Mode Quizizz, fitur yang menciptakan lingkungan belajar terfokus dan bebas dari potensi gangguan gadget. Pelatihan penggunaan Paper Mode ditujukan untuk membantu guru dengan mudah memanfaatkan fitur tersebut dalam menciptakan pembelajaran berdiferensiasi yang meninggalkan kebiasaan penggunaan ponsel saat belajar. Melalui pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari, guru-guru di SMA Negeri 2 Semarang telah mengenal fitur-fitur Quizizz, termasuk Paper Mode di mana sebelumnya mereka hanya memanfaatkan Quizizz untuk membuat kuis. Hal ini dapat terlihat dari angket umpan balik yang diberikan di mana sebanyak 95% peserta menyatakan bahwa mereka dapat memahami materi dengan baik, dengan penyampaian yang urut dan sistematikanya jelas. Melalui pelatihan ini, kami berharap agar guru memiliki peningkatan keterampilan pemanfaatan teknologi sebagai upaya sadar berteknologi di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, A. A., Arifin, A. S., & Prasetya, D. B. Y. (2023). The Gamifikasi Pembelajaran Berbasis Quizizz Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pemanfaatan Teknologi Pengajar. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 608–615. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.460

Adawiyah, A. Al, & Fitrasih, R. (2021). Pembelajaran Daring Interaktif Melalui Quizizz. Dalam Senarai Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia. (hlm. 121–152). Samudra Biru.

Affandi, M. (2018). Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan. Penerbit YNHW.

AR, R. A., Murtafiah, & Mahmud, N. (2023). Workshop Pengembangan Video Animasi Pembelajaran bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus I Wilayah I, Kabupaten Polewali Mandar. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 7(2).

Au-Yong-Oliveira, M., Gonçalves, R., Martins, J., & Branco, F. (2018). The social impact of technology on millennials and consequences for higher education and leadership. Telematics and Informatics, 35(4), 954–963.

Dartiningsih, B. E. (2016). Gambaran Umum Lokasi, Subjek, dan Objek Penelitian. Buku Pendamping Bimbingan Skripsi.

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, Sahabuddin, A. A., Hastuti, P., Setianto, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, Gaspersz, S., Karwanto, Bungin, E. R., & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Kusuma, A. C., & Wibowo, H. T. (2024). Pendampingan Studi Independent Mahasiswa melalui Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp di PT Ozami Inti Sinergi. JURNAL ABDIMAS MANDIRI, 8(2), 63–74.

Nizaruddin, Muhtarom, & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296.

Passey, D. (2006). Technology enhancing learning: Analysing uses of information and communication technologies by primary and secondary school pupils with learning frameworks. The Curriculum Journal, 17(2), 189–166.

Purba, L. S. L. (2020). The effectiveness of the quizizz interactive quiz media as an online learning evaluation of physics chemistry 1 to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2).

Ratheeswari, K. (2018). Information communication technology in education. Journal of Applied and Advanced research, 3(1), 45–47.

Saputri, A. A., & Jasuri. (2023). Pelatihan Praktikum Fisika dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Tracker Video Analysis and Modeling Tool. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4).

Sudiran, Sugiarti, Andalas, E. F., Sabilah, F., Wicaksono, B. H., Anggraini, P., Setiawan, A., Cahyono, H., Effendi, M., Restian, A., Ekowati, D. W., Rosyadi, A. A. P., & Ummah, S. K. (2020). Membangun optimisme meretas kehidupan baru dalam dunia pendidikan (Vol. 1). UMMPress.

Tinio, V. L. (2003). ICT in Education. Panduan Digital.

Wali, M., Ismail, Iqbal, T., & Syafwandhinata, J. (2021). IbM Pelatihan, Pembinaan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Management Stock Control. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 9–16.

Wang, Q. (2008). A generic model for guiding the integration of ICT into teaching and learning. Innovations in education and teaching international, 45(4).

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Al Adawiyah, A., Fitrasih, R., & Yudha Prasetya, D. B. (2024). Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Paper Mode Quizizz bagi Guru SMA Negeri 12 Semarang. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(3), 342–349. https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4670

Issue

Section

Articles
external-statistic-user-interface-budi-arianto Abstract views: 8 / PDF downloads: 2