Optimalisasi Pemanfaatan Canva sebagai Alat Bantu Pembuatan Media Pembelajaran Guru SMAN 2 Bengkulu Tengah
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4699Keywords:
Canva, Guru, Media Pembelajaran, PelatihanAbstract
Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi daya tarik tersendiri untuk peserta didik dalam berbagai bidang pembelajaran. Namun, banyak guru yang belum memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Guru perlu untuk memiliki kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi ini, sehingga perlu untuk diadakan kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk melatih guru SMA Negeri 2 Bengkulu Tengah dalam mengoptimalkan pemanfaatan Canva sebagai alat bantu untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium Komputer, SMA Negeri 2 Bengkulu dengan jumlah peserta 22 guru dari berbagai bidang. Pelatihan dilakukan sebanyak 2 pertemuan yang terdiri dari penyampaian materi, praktik pembuatan dan presentasi hasil. Ketercapaian tujuan adalah adanya media pembelajaran yang dikembangkan melalui Canva dan persepsi dari peserta tentang tingkat pemahaman. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian media dan angket persepsi. Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 17 media pembelajaran telah dihasilkan dengan jenis 11 media slide presentasi, 3 media lembar kerja, 1 media poster, dan 2 media video pembelajaran. Hasil penilaian media diperoleh skor rerata sebesar 2,53 dan angket persepsi tingkat pemahaman dengan skor rerata 2,55 atau kategori tinggi untuk tingkat pemahaman materi yang diberikan. Kendala yang dihadapi adalah sebanyak 5 guru tidak memiliki waktu lebih untuk mengembangkan media pembelajaran sebagai penugasan, sehingga tidak mengumpulkan di akhir kegiatan.
Downloads
References
denia, A. P., Juniar, R. D., & Mauliana, M. I. (2024). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Memanfaatkan Aplikasi Canva Menggali Kreativitas Guru dalam Pendidikan di SDN Sekarjoho 1. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1182–1188.
Al-Hariri, M. T., & Al-Hattami, A. A. (2017). Impact of students’ use of technology on their learning achievements in physiology courses at the University of Dammam. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(1), 82–85. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2016.07.004
Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (II). Pustaka Pelajar.
Fathahillah, Andayani, D. D., Adiba, F., Baso Kaswar, A., & Akram Nur Risal, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru. Jurnal Dedikasi, Vol. 24, No. 1, 2022 (9-14), 24(1), 2022.
Gani, A., & Hidayat, T. (2023). Dialog Komunitas: Menggabungkan Teknologi dan Metodologi Mengajar Inovatif di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sultan Indonesia, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.58291/abdisultan.v1i1.189
Herring, M. C., Koehler, M. J., & Mishra, P. (2016). Support for technology integration: Implications from and for the TPACK framework. In Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators: Second Edition (pp. 119–130). https://doi.org/10.4324/9781315771328
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716
Kristin, F., & Setyawan, Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Bahan Bekas bagi Guru SD Negeri Mangunsari 06 Salatiga. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 361–368. https://doi.org/10.24246/jms.v1i32021p361-368
Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Ayunda Rahmaputri Isnawan, O., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., Fajar Nugroho, O., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Mashoedah, M. (2015). Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(1), 17–25. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10875
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.
Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Seminar Nasional Konsorsium Untag Se Indonesia, 401–414.
Shulman, L. S. (1986). Those who understand: knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2), 4–14.
Tukan, G. D., Fatima Nifu, M. O., Besin, J. A., Setyaningsih, F. D., De Rozari, C. C., Nogi Beribe, M. A., Martins, J. A., & Melly Rani, M. E. (2023). Pembelajaran Literasi Media Kepada Siswa Siswi SMA Negeri 1 Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 155–161. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3337
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teddy Alfra Siagian, Febrian Solikhin, Resmareta, Ikwan Pangestu, Ade Krisdiantoro, Gita Yulindah, M. Irfan Anshori, Chintiya Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.