Pelatihan Peningkatan Kemampuan Computational Thingking Guru dengan Media Robotik di SMP Santa Ursula Bandung
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v8i3.4704Keywords:
Pelatihan, Ilmu Teknologi Robotika, Berpikir KomputasionalAbstract
Tujuan dari dilaksanakannya pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional guru di SMP Santa Ursula Bandung. Metode-metode yang diterapkan dalam pengabdian ini meliputi ceramah, praktik langsung, dan diskusi interaktif. Sebanyak 25 guru diikutsertakan dalam pelatihan ini, dan evaluasi kegiatan dilakukan menggunakan instrumen yang disediakan melalui Google Form yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan capaian hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan ilmu teknologi robotika. Dengan analisis uji normalitas menggunakan N-Gain, didapatkan peningkatan pada nilai-nilai yang berkaitan dengan kompetensi siswa dalam pembelajaran. Para siswa cenderung lebih aktif dan mudah memahami konsep-konsep pelajaran ketika diberikan pemeragaan menggunakan robot. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai efektivitas N-Gain di angka 40%. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan para guru dapat menerapkan ilmu teknologi robotika sebagai media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penerapan teknologi ini tidak hanya membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di era digital. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan inovatif. Dengan demikian, tujuan utama dari pengabdian ini dapat tercapai, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan teknologi yang tepat guna.
Downloads
References
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64-73.
Dharmawan, F., Suherman, A., Kurniawan, B., & Rahmatia, S. (2024). Implementasi Pendidikan Dasar Robotika melalui Penggunaan Mikrokontroler Arduino untuk Siswa Kelas 12 SMA Al Fityan School Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 66. https://doi.org/10.36722/psn.v3i1.2490
Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan teknologi Augmented Reality bagi siswa untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Mandarin di sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TABIKPUN, 1(1), 19-30. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.9
Faridawati, F. F., Minarto, E., Wati, I. I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Spekta, 1(2), 85-94. https://dx.doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826
Faridawati, F., Minarto, E., Indarto, B., Bustomi, M. A., Puspitasari, N., Prayitno, G., ... & Wati, E. (2023). Pengembangan Kualitas Pendidikan SMP di Kalimantan Utara Melalui Pembelajaran Robotik Menggunakan Metode Action Learning STEM. Sewagati, 7(1), 91-97. https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i1.282
Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1(17), 148-153.
Husni, N. L., Handayani, A. S., Prihatini, E., & Anisah, M. (2019). Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika. Snaptekmas, 1(1), 11.
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136–144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992
Kusuma, A. C., & Wibowo, H. T. (2024). Pendampingan Studi Independent Mahasiswa melalui Program Internet of Things (IoT) Engineer Camp di PT Ozami Inti Sinergi. Jurnal Abdimas Mandiri, 8(2), 63-74. https://doi.org/10.36982/jam.v8i2.4191
Novianta, M. A., & Firman, B. (2021). Pelatihan Robot Line Follower Analog Bagi Siswa SMK Tkm Teknik Purworejo. Jurnal Dharma Bakti. 4(1). 6.
Phelia, A., Pramita, G., Susanto, T., Widodo, A., & Putra, R. A. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Animasi Video dan Robotik Dalam Penerapan Project Base Learning di SMA IT Baitul Jannah. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 98-108. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i1.1412
Putra, M. T. D., Pradeka, D., Adiwilaga, A., Munawir, M., & Adjhi, D. P. (2023). Pelatihan Robotika Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Keahlian Siswa SMK Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 56-65.
Sukarelawa, M. I., Pd, M., Toni, K., Indratno, M., Pd, S., Suci, M., Ayu, S., & Km, M. P. H. (2024). N-Gain vs Stacking. Penerbit Suryacahya.
Suyanto, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Konsep Dasar Ekonomi Pendidikan Pada Tataran Suprastruktur dan Infratruktur Politik di Indonesia. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 143–151. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.435
Wijaya, A. S., Umam, A. F., Hakim, A. R., & Nabila, M. (2022). Web Based Sales Information System at Greenvest Source. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(11), 3977-3993. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i11.1744
Zaeni, M. N., & Hidayat, S. M. (2019). Merancang Mobil Remote Kontrol dan Line Follower dan Diintegrasikan dengan Smartphone Android. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 1(1), 7. http://dx.doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2869
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Munawir, Muhammad Taufik Dwi Putra, Deden Pradeka, Anugrah Adiwilaga, Muhammad Salam Pararta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.