MENJADIKAN PUISI DAN DONGENG SEBAGAI SALAH SATU MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SDN 08 GANTING PADANGPANJANG
DOI:
https://doi.org/10.36982/jam.v2i2.528Abstract
Di era globalisasi, era teknologi televisi, gadget & game yang menyuguhkan berbagai fitur yang menarik di mata anak-anak karena sifat keingi tahuan mereka ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan pendidikan karakter anak-anak khususnya siswa SDN 08 Ganting yang beralamat di Jln Syech Ibrahim Musa Kota Padangpanjang. Sehingga Anak-anak di usia emas yang seharusnya menikmati pendidikan formal, bermain dan berkumpul dengan keluarga menjadi anak-anak yang asyik dan sibuk dengan teknologi televisi, gadget dan game. Menjadikan Puisi dan dongeng sebagai salah satu media pendidikan karakter adalah salah satu solusi untuk kembali merangkul anak-anak untuk menumbuhkan minat baca, daya imajinasi, dan intelijensi. Pelatihan Puisi dan Mendongeng ini nantinya akan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan praktek, dengan demikian setelah pelatihan berakhir, anak-anak diharapkan mampu menguasai teknik membaca puisi dan mendongeng yang baik sehingga bisa bersaing di tingkat sekolah, daerah dan nasional. Hal ini sejalan dengan program pemerintah (literasi).
Kata kunci : Puisi, Dongeng, Pendikan Karakter, SiswaDownloads
References
Anirun, Suyatna. Menjadi Sutradara. Jakarta: STSI Press Bandung 2002.
Dewojati, Cahyaningrum.Drama Sejarah Teori dan Penerapannya. Gajah Mada University Press. 2010.
Sitorus, D Eka, The art of acting: Seni Peran Untuk Teater, Film dan TV, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Yudiaryani. Panggung Teater Dunia: Perkembangan dan Perubahan Konvensi. Yogyakarta:Pustaka Gondho Suli, 2002.
Batoboh, Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 3, No. 1 Maret 2018.