PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN “KEMPLANG TUNU” SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG

Authors

  • Terttiaavini Terttiaavini Universitas Indo Global Mandiri
  • Luis Marnisah Universitas Indo Global Mandiri
  • Yosef Yulius Universitas Indo Global Mandiri
  • Tedy Setiawan Saputra Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.780

Abstract

Kemplang tunu merupakan salah satu produk cemilan khas masyarakat Sumatera Selatan yang sangat diminati. Kemplang tunu merupakan indutri rumahan yang jika digeluti dengan serius akan mendatangkan income yang signifikan. Usaha kemplang tunu masih jarang digeluti oleh masyarakat Palembang, karena market penjualan masih terbatas. Selain itu usaha kemplang  belum begitu diminati, sehingga kalah bersaing dengan kuliner lainnya. Program pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tiga fokus kegiatan, yaitu (1) meningkatkan kualitas dan brand image kemplang tunu menjadi salah satu cemilan khas kota palembang,  (2) membangun kelompok usaha mandiri bagi masyarakat ekonomi lemah dengan 3) pelatihan memproduksi kemplang tunu. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi ibu rumah tangga dan remaja yang di sekitar RT. 21 Kelurahan Ario kemuning Palembang.

Kata kunci : Kemplang tunu,  Brand image, Kelompok usaha mandiri, Kelompok Non Produktif 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Terttiaavini Terttiaavini, Universitas Indo Global Mandiri

Information System Faculty

Luis Marnisah, Universitas Indo Global Mandiri

Ekonomi Manajemen

Yosef Yulius, Universitas Indo Global Mandiri

Desain Komunikasi Visual

Tedy Setiawan Saputra, Universitas Indo Global Mandiri

Magister Manajemen

References

Anita, Sumarni bayu. 2012. Kuliner dan Kinstruksi Identitas kelokalan studi kasus tentang pempek bagi “wong Kito†di kota Palembang. Tesis. Universtas Gajah mada.Perpustakaan Pusat UGM

Alimudin, A., & Yoga, H. 2015. Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kecil Produk Makanan Ringan Di Surabaya. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1), 1–12.

Besra, E. (2012). Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung Pariwisata Di Kota Padang.

Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 12(1), 74–101. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/downloadSuppFile/402/26

Fitriah, W., & Hendro, O. 2017. Tinjauan Usaha Krupuk Kemplang Ikan Bilik Desa Lumpatan, 1(2), 115–123. Retrieved from http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/413/502

Hardianto, F. N. 2009. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kriminalitas Di Indonesia Dari Pendekatan Ekonomi. Bina Ekonomi, 13(2), 28–41. Retrieved from http://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/713/697

Kimbal, R.W. 2015. Modal Sosial Dan Ekonomi Industri Kecil Sebuah Studi Kualitatif.Penerbit : Depublish, Yogyakarta.

Kirkpatrick, D.L., Kirkpatrick, J.D., 2006. Evaluating Training Program; The Four Levels, 3rd Edition. San Fransisco: Berrett Koehler, Inc.

Suherlan, H., & Hidayah, N. 2015. Sikap wisatawan nusantara terhadap produk wisata kuliner di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 20(2), e147–e160. Retrieved from http://stp-bandung.net/bitstream/handle/123456789/235/Sikap wisatawan nusatara terhadap produk wisata kuliner di kota Palembang.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Yurtseven, H. R., & Kaya, O. 2011. Local food in local menus: The case of Gokceada. Tourismos, 6(2), 263–275. https://doi.org/10.1007/JHEP07(2012)019

Downloads

Published

2019-08-31

How to Cite

Terttiaavini, T., Marnisah, L., Yulius, Y., & Saputra, T. S. (2019). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN “KEMPLANG TUNU” SEBAGAI PRODUK CEMILAN KHAS KOTA PALEMBANG. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1). https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.780

Issue

Section

Articles