PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP KINERJA PEGAWAI P.T. PEGADAIAN (PERSERO) KANTOR CABANG PALEMBANG

Nisa’ Ulul Mafra

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Nonfisik dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating Terhadap Kinerja Pegawai Pegadaian PT (Persero) Kantor Cabang Palembang. Tujuan penelitian ini adalah selain untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan nonfisik secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kinerja pegawai juga untuk mengetahui pengaruh motivasi dalam memoderasi hubungan lingkungan kerja fisik dan nonfisik tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode multiple regresssion model yaitu desain penelitian yang akan mengungkapkan pengaruh kolektif variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder yang dikumpulkan melalui kuesionerdan data dari kepegawaian P.T. Pegadaian. Jumlah populasi sekaligus sebagai sampel seluruh pegawai sebanyak 31 orang pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Palembang dipengaruhi oleh lingkungan kerja fisik dan nonfisik dan dengan dimoderasi motivasi memperkuat pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja pegawai. Hal ini dibuktikan dengan analisis regresi lingkungan kerja fisik dan sebelum dan sesudah dimoderasi oleh motivasi.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Nonfisik, Motivasi dan Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF

References


Eldaa Cintia dan Alini Gilang. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Nonfisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada KPPN Bandung I. (http://.portalgaruda.org/article.php) (diakses 15 April 2016).

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Koesmono,Teman. 2007. Pengaruh Kepemimpinan dan Tuntutan Tugas Terhadap Komitmen Organisasi dengan Variabel Moderasi Motivasi Perawat Rumah Sakit Swasta Surabaya. Jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/ view/16633. (diakses 15 April 2016)

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Ketujuh. Bandung: Refika Aditama

Marwansyah. 2012. Maanajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Prasidya, Yacinda Chresstela, Orianggono, Djamhur Hamid dan Ika Ruhana, 2014, Pengaruh lingkungan kerja Fisik dan non fisik Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada karyawan PT. Telkomsel area III Jawa-Bali Nusra diSurabaya), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8 No. 2 Maret, administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id (https://media.neliti.com/media/ publications/80670-ID-pengaruh-lingkungan-kerja-fisik-dan-non.pdf) (diakses 5 Februari 2018)

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja Dan Produktivitas Kerja ( Suatu Tinjauan Aspek Ergonomi atau Kaitan Antara Manusia dengan Lingkungan Kerjanya). Bandung: CV. Mandar Maju.

Shein, Edgar H. 2010. Organizational Culture and Leaderships: Edition 4. John Wiley & Son, Ltd. Edition 4

Singgih, Santoso. 2010. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan Kedua puluh tiga. Bandung : CV. Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.35908/jeg.v4i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ECOMENT GLOBAL : Kajian Bisnis dan Manajemen

EG has been indexed by:

 


Editorial Office

  • Program Studi Magister Manajemen
  • 6th Floor, Indo Global Mandiri University, Palembang
  • Jl. Jend. Sudirman KM.4 No.629, 20 Ilir D. IV, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30129.
  • Telpon/Fax: +62711-3227-05
  • Contact :Havis  (+62 813-1554-5733)
 
 
 
 
 
Jurnal Ecoment Global E-ISSN:2685-6204, P-ISSN: 2540-816X, by http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.