ANALISIS POSTER VIDEO KLIP LATHI : KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE
DOI:
https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i1.1830Abstrak
Komunikasi dari masa ke masa terus mengalami perkembangan, mulai dari penggunaan sinyal asap, drum, penemuan kertas, telegraf, telepon, komputer, email hingga menuju internet sebagai media dalam berkomunikasi. Salah satu yang media komunikasi yang berkembang saat ini adalah poster. Poster dipakai untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat umumnya dicetak dan ditempatkan di ruang publik atau melalui media yang sekarang familiar yaitu media sosial. Tanda visual yang digunakan designer dalam poster ditujukan kepada masyarakat supaya masyarakat dapat mengerti pesan dan tujuan informasinya. Penggunaan tanda visual poster dari video klip lagu “Lathi†yang mengangkat akan tema toxic relationship sangat menarik untuk ditelusuri, dibedah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika. Semiotika adalah kajian ilmu mengenai tanda yang ada dalam kehidupan manusia serta makna dibalik tanda tersebut. Tanda visual yang akan diangkat untuk dianalisa dalam tulisan ini adalah sistem tanda dalam bentuk poster dari video klip lagu “Lathi†karya dari Andy Andrians (Art Director dari Lathi).
Referensi
Anggasta, M. G., & Franzia, E. (2016). Analisis Semiotika Visual Pada Poster Ngayogjazz 2011-2014. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(2), 177. https://doi.org/10.25105/dim.v12i2.57
Kurniasih, N. (2017). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan. 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/aj2z9
Martinet, J. (2010). Semiologi Kajian Teori Saussuran antara Semiologi Komunikas dan Semiologi Signifikasi,terjemahan Stephanus Aswar Herwinarko. Yogyakarta : Jalasutra.
Patriansah, M., & Artikel, I. (2020). Arty : Jurnal Seni Rupa POSTER ANALYSIS OF PUBLIC SERVICES ADVERTISING BY SEPDIANTO SAPUTRA : STUDY OF SAUSSURE SEMIOTICS. 9(3).
Patriansyah, M. (2014). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin Berjudul Manyeso Diri. Ekspresi Seni, 16(2), 239. https://doi.org/10.26887/ekse.v16i2.76
Sobur, A. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2009). Analisis teks media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Vera Nawiroh. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Ghalia Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.