MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMASARAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v7i1.1999Abstrak
Berkembangnya teknologi informasi menuntut kita untuk terus mengikuti, di samping itu perlu adanya penunjang bagi kita seperti smartphone yang mana terjadi juga peningkatan pengguna internet di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial sebagai alat pemasaran terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan penelitian survei dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online dengan penggunaan skala Likert. Untuk analisis instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, adanya uji asumsi klasik seperti uji normalitas dan heteroskedastisitas. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi (R2). Untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media sosial sebagai alat pemasaran terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.
Â
Kata Kunci: pemasaran media sosial; keputusan pembelian; smartphone
Referensi
Anggraini, M., Fitriani, & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomak, 6(3), 1–8. Retrieved from http://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/117
Astuti, S. R. T. (2013). Studi Tentang Keputusan Pembelian Smartphone pada Kelas Konsumen Baru di Kota Semarang. Fokus Ekonomi, 8(1), 1–16. Retrieved from https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/view/114
Bimantara, I. M. W. (2021). Peranan Media Sosial dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rekaman di Demores Rumah Musik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.32312
Chary, S. R. K. (2014). Social Media Marketing-The Paradigm Shift in International Marketing. IOSR Journal of Business and Management, 16(9), 11–13. https://doi.org/10.9790/487x-16921113
Defriansyah, D., Daud, I., & Nailis, W. (2016). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya) Doni Defriansyah 1 , Islahuddin Daud 2 , & Welly Nailis 3. JEMBATAN - Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 8(2), 89–102. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jembatan/article/view/4023
Diansyah, & Nurmalasari, A. I. (2017). Pengaruh Pemasaran Internet Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal of Business Studies, 2(1), 84–98. Retrieved from http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/view/788
Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). Pemanfaatan Instagram sebagai Social Media Marketing Er-corner Boutique dalam Membangun Brand Awareness di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1–15. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/9366
Galang, A., Manggabarani, A. S., & Handayani, T. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Pada Provider Smartphone (Studi Pada Pengguna Provider Simpati). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 714–726. Retrieved from https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/viewFile/919/536
Hanum, Z. (2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Retrieved from Media Indonesia website: https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Iblasi, W. N., Bader, D. M. K., & Al-Qreini, S. A. (2016). The Impact of Social Media as a Marketing Tool on Purchasing Decisions (Case Study on SAMSUNG for Electrical Home Appliances). International Journal of Managerial Studies and Research, 4(1), 14–28. Retrieved from https://www.arcjournals.org/pdfs/ijmsr/v4-i1/2.pdf
Kasmari, & Irsad, M. (2017). Analisis Tingkat Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Smartphone - Android. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 10(1), 50–66. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/ft1/article/view/4947/0
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition) (15th ed.). Essex: Pearson Education Limited.
Muslim, A. W. (2018). Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Gaya Hidup. Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol. 6, pp. 145–162. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/19697
Nurmalasari, L. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada UMKM Bidang Kuliner). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–299. https://doi.org/10.31846/JAE.V9I3.405
Ramdhan, J. M. (2019). Pengaruh Media Sosial dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Distro House Of Smith. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 534–544. https://doi.org/10.36555/ALMANA.V3I3.1267
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Retrieved October 9, 2021, from KOMPAS.com website: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Ruth, P. (2021, September 15). Q2 2021 Indonesia Smartphone Shipments;Xiaomi Grabs Top Spot. Retrieved November 16, 2021, from Counterpoint Technology Market Research website: https://www.counterpointresearch.com/indonesia-smartphone-shipments-28-yoy-q2-2021-xiaomi-grabs-top-spot-first-time/
Sopiyan, P., & Gumelar, G. G. (2019). Pengaruh Brand Equity dan Country of Origin terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeristas Majalengka). Eco-Iqtishodi Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.32670/ECOIQTISHODI.V1I1.35
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275–290. https://doi.org/10.25105/jmpj.v11i2.2950
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work