PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v1i2.200Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Serta Implikasinya Pada Kinerja Gurudi SMPÂ Negeri Kota Palembang.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebesar 2668 guru SMPN Kota Palembang,sedangkan sampel 340 guru sesuai persyaratan SEM.
Analisis hasil penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk menyimpulkan adanya pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen baik secara simultan maupun parsial. Model analisis menggunakan Structure Equation Model (SEM) dengan komposisi sub-struktur :Kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kompetensi guru (X2)  sebagai variabel eksogen dan Motivasi Kerja  (Y) sebagai variabel endogen . Struktur 2 terdiri dari : Kepemimpinan kepala sekolah (X1), Kompetensi guru (X2), dan Motivasi Kerja guru(Y) sebagai variabel eksogen dan Kinerja Guru(Z) sebagai variabel endogen.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut :(1) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(2) Secara  parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadapmotivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(3)Terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri kota Palembang, (4) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(5) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(6) Secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang,(7) Terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi guru dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri kota Palembang. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru SMPN Kota Palembang maka perlu lebih meningkatkan kompetensi guru .Sedangkan untuk meningkatkan motivasi kerja guru SMPN Kota Palembang, faktor kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang paling besar.
Kata Kunci  :  Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Kinerja
Referensi
Arikunto,Suharsimi,2003, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT.Bumi Aksara
Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kota Palembang, 2011
Efendi, A. 2007. Revolusi Kecerdasan Abad 21 (Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful Intelegence atas IQ). Alfabeta.Bandung
Kartono, 2007. Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta : Anem Kosong Anem
Owens, 2001. Organizational Behaviour In Education Fourth Edition International Edition Englewood Cliffs, Prentice-Hall
Muhibbin, syah, 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdikarya
Mc Clelland, 2001, Memacu Masyarakat Berprestasi : Mempercepat Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peningkatan Motif Berprestasi, Jakarta:Intermedia.
Mitchell, Terence, 2010. People in Organization Understanding Their Behaviour, Prentice Hall of India Private Limited , New Delhi.
Ghozali, dan Fuad. 2008. Structural Equation Modelling Teori, Konsep dan Aplikasi. Semarang. Universitas Diponegoro.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work