ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.212Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin yang diukur dengan 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat mengacu pada KepMen PAN No: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah termasuk BUMN/BUMD. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melaui wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat.
Hasil analisis Indeks Kepuasan Masyarakat, Nilai Indeks yang diperoleh sebesar 2,73 dan Nilai IKM sebesar 68,25. Hal ini berarti bahwa mutu/kualitas yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Lilin termasuk kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan baik. Dilihat dari nilai per unsur pelayanan, prosedur pelayanan merupakan unsur dengan indeks tertinggi dengan nilai IKM sebesar 78,5 berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik, sedangkan unsur dengan indeks terendah yaitu unsur kepastian jadwal pelayanan dengan nilai IKM sebesar 47,75 berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sungai Lilin yang diukur dengan indikator indeks kepuasan masyarakat telah dilaksanakan dengan baik.
Â
Kata Kunci  :  Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan
Referensi
Arief, Muhtosim. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Arikunto, Suharsini 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6, Jakarta: Rineka Cipta.
Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor 25 /KEP//M. PAN/2/2004: tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyakat.
Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003: tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Publik.
Moenir, H.A.S., 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta
Hardi, Utomo. 2015. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik Di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga. Salatiga. Jurnal Among Makarti Vol.8 No.15, Juli 2015.
Saladdin Wirawan Effendy. 2011.Analisis Indek Kepuasan Masyarakat Pada Badan Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Ogan Komering Ilir. Palembang . OCPUS: Jurnal Akuntansi Bisnis dan Informatika.Volume 3 No. 2, Juli – Desember 2011
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work