PENGARUH KREATIVITAS, KOMUNIKASI, DAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN ILIR TIMUR II PALEMBANG

Penulis

  • Sindang Sari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Omar Hendro Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.216

Abstrak

Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh (1) Mempengaruhi kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru secara bersamaan terhadap prestasi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Ilir Timur I Palembang, dan (2) Mempengaruhi kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru secara parsial terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Ilir Timur I Palembang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan. Ada empat variabel. Itu adalah variabel bebas yang Kreativitas Guru (X1), Komunikasi Guru (X2) dan Kepemimpinan Guru (X3), dan juga variabel dependen yang menjadi Prestasi Siswa (Y). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Cutter, Proporsional, Purposive Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 siswa. Untuk mengukur pengaruh antar variabel, digunakan regresi linier berganda, untuk menguji hipotesis yang digunakan adalah hipotesis F dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh bahwa: (1) Secara simultan variabel aktivitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Siswa, (2) Secara parsial, variabel aktivitas guru, komunikasi, dan kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Siswa.

 .
Kata kunci: Kreativitas, Komunikasi, Kepemimpinan, dan Prestasi

Biografi Penulis

Sindang Sari, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pascasarjana UM Palembang

Omar Hendro, Universitas Muhammadiyah Palembang

Pascasarjana UM Palembang

Referensi

Ahmadi, Abu. 2010. Strategi Pembelajaran.Penerbit Pustaka Setia.Bandung.

Dwi Fatmawati. 2012. Pengaruh Kreatifitas Guru dan Kelengkapan Fasilitas terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA DU I Jombang. Tesis. Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibahim, http://lib.uin-malang.ac.id/

Idochi,Moch.Anwar.2010.Kepemimpinan Dalam Proses Pembelajaran. Penerbit Angkasa. Bandung

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. PenerbitPT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marimin dan Dian Ratna Sari. 2006. Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen “Dinamikaâ€. Dipublikasikan. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. p. 57-82.

Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Penerbit PT. Ghalia Indonesia. Jakarta.

PeraturanPemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

Purbakawaca,Sugarda. 2009.Ensiklopedi Pendidikan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ruky, Ahmad S. 2010. Sistem Manajemen Kinerja. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Tama. Jakarta.

Septi Widiyantari. 2011. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (e-journal). Vol 1 No 2. Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.journal.student.uny.ac.id/

Slameto. 2010.Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Soekartini.2009. Meningkatkan Efektivitas Mengajar.Penerbit Pustaka Jaya. Jakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit: Alfabeta. Bandung

Surya, M. 2009. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Penerbit Yayasan Bhakti Winaya. Bandung

Toha, Miftah. 2009.Kepemimpinan dalam Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku. Cetakan ke-4. Penerbit PT. Rajawali Pers. Jakarta

Utami Munandar.2012. Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat.Penerbit PT. Gramedia Pustaka Indonesia. Jakarta

Winkel, W.S. 2008. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Indonesia. Jakarta.

Diterbitkan

2017-02-26

Cara Mengutip

Sari, S., & Hendro, O. (2017). PENGARUH KREATIVITAS, KOMUNIKASI, DAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN ILIR TIMUR II PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 2(1), 74–87. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.216