PENGARUH KREATIVITAS, KOMUNIKASI, DAN KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN ILIR TIMUR II PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v2i1.216Abstrak
Kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh (1) Mempengaruhi kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru secara bersamaan terhadap prestasi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Ilir Timur I Palembang, dan (2) Mempengaruhi kreativitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru secara parsial terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Ilir Timur I Palembang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan. Ada empat variabel. Itu adalah variabel bebas yang Kreativitas Guru (X1), Komunikasi Guru (X2) dan Kepemimpinan Guru (X3), dan juga variabel dependen yang menjadi Prestasi Siswa (Y). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Cutter, Proporsional, Purposive Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 98 siswa. Untuk mengukur pengaruh antar variabel, digunakan regresi linier berganda, untuk menguji hipotesis yang digunakan adalah hipotesis F dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regresi, diperoleh bahwa: (1) Secara simultan variabel aktivitas, komunikasi, dan kepemimpinan guru tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Siswa, (2) Secara parsial, variabel aktivitas guru, komunikasi, dan kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Siswa.
 .Kata kunci: Kreativitas, Komunikasi, Kepemimpinan, dan Prestasi
Referensi
Ahmadi, Abu. 2010. Strategi Pembelajaran.Penerbit Pustaka Setia.Bandung.
Dwi Fatmawati. 2012. Pengaruh Kreatifitas Guru dan Kelengkapan Fasilitas terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA DU I Jombang. Tesis. Dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibahim, http://lib.uin-malang.ac.id/
Idochi,Moch.Anwar.2010.Kepemimpinan Dalam Proses Pembelajaran. Penerbit Angkasa. Bandung
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. PenerbitPT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Marimin dan Dian Ratna Sari. 2006. Pengaruh Kepemimpinan dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen “Dinamikaâ€. Dipublikasikan. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. p. 57-82.
Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Penerbit PT. Ghalia Indonesia. Jakarta.
PeraturanPemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
Purbakawaca,Sugarda. 2009.Ensiklopedi Pendidikan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Ruky, Ahmad S. 2010. Sistem Manajemen Kinerja. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Tama. Jakarta.
Septi Widiyantari. 2011. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia (e-journal). Vol 1 No 2. Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.journal.student.uny.ac.id/
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Penerbit Rineka Cipta. Jakarta
Soekartini.2009. Meningkatkan Efektivitas Mengajar.Penerbit Pustaka Jaya. Jakarta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit: Alfabeta. Bandung
Surya, M. 2009. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Penerbit Yayasan Bhakti Winaya. Bandung
Toha, Miftah. 2009.Kepemimpinan dalam Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku. Cetakan ke-4. Penerbit PT. Rajawali Pers. Jakarta
Utami Munandar.2012. Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat.Penerbit PT. Gramedia Pustaka Indonesia. Jakarta
Winkel, W.S. 2008. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Indonesia. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work