PENGARUH HARGA JUAL KACA PATRI JENIS SILVER TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA CV. KARUNIA KACA PALEMBANG TAHUN 2004-2015

Penulis

  • Hamid Halin UIGM Palembang
  • Hendry Wijaya STIE Rahmaniyah, Sekayu
  • Rinda Yusilpi STIE Rahmaniyah, Sekayu

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251

Abstrak

Studi ini melihat bagaimana harga jual efek kaca patri perak terhadap volume penjualan pada CV. Karunia Kaca Palembang. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga jual efek kaca patri perak terhadap volume penjualan pada CV. Karunia Kaca Palembang. Dimana variabel X adalah harga jual dan variabel Y adalah volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, dan sumber data bersifat sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dari hasil uji regresi sederhana yaitu bahwa variabel harga jual memiliki nilai negatif sebesar 2.734 yang berarti jika terjadi penurunan harga sebesar 1% maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar 2.734%. Dari hasil uji koefisien determinasi bahwa R square sebesar 0,908 menunjukkan variabel independen (harga jual) 90,8% yang dapat menjelaskan variabel terikat (volume penjualan). Sedangkan sisanya 9,2% terkena atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil uji t diperoleh sebesar 9,951 dengan tingkat signifikansi 0,000. Kemudian nilai ttest dibandingkan dengan ttabel pada df = 12 - 2 = 10 dan tingkat signifikansi 0,05 pada nilai ttabel 2,228. Nilai nilai ttest Variabel X lebih besar dari ttabel (9,951> 2,228). Tingkat signifikan adalah 0,000 <0,05. Maka bisa dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai penjualan

Biografi Penulis

Hamid Halin, UIGM Palembang

Ekonomi Manajemen

Hendry Wijaya, STIE Rahmaniyah, Sekayu

Ekonomi

Rinda Yusilpi, STIE Rahmaniyah, Sekayu

Ekonomi

Referensi

Patra, Eko. 2015 “Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Alat Kesehatan (Hospital Bed) pada PT. Sarandi Karya Nugrahaâ€. Jurnal JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Volume 1 No. 2. Universitas Pakuan Bogor.

Abdurrahman. 2015. “Manajemen Strategi Pemasaranâ€. Edisi Pertama. Bandung. Pustaka Setia.

Swastha, Basu 2014. “Manejemen Pemasaranâ€. Edisi Ketiga. Yogyakarta. Yogyakarta. BFFE.

Sunyoto. 2015. “Strategi Pemasaranâ€. Edisi Pertama. Yogyakarta.CAPS.

Ginting. 2011. “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Pertama. Yrma Widya. Bandung.

Sugiyono. 2015“Metode Penelitian Manajemen†Edisi Keempat. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Bisnis†Edisi Kedelapan belas. Alfabeta. Bandung.

Diterbitkan

2017-09-26

Cara Mengutip

Halin, H., Wijaya, H., & Yusilpi, R. (2017). PENGARUH HARGA JUAL KACA PATRI JENIS SILVER TERHADAP NILAI PENJUALAN PADA CV. KARUNIA KACA PALEMBANG TAHUN 2004-2015. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 49–56. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.251