PENGARUH PROFESIONALISME GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 14 PALEMBANG

Penulis

  • Darlima Darlima SMP Negeri 14 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.253

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profesionalisme,kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasisecara parsial dan bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 14 Palembang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif.Pengumpulan data menggunakan metode sensus, sehingga populasi sekaligus sebagai sampel, yaitu sebanyak 65 guru pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Palembang. Penelitian dilaksanakan sekitar bulan April sampai dengan Juni 2016. Pengambilan data dengan menyebar kuesioner langsung kepada responden dan observasi partisipan pada SMPN 14 Palembang, pengolahan data menggunakan tools SPSS 20.
Hasil analisis output SPSS bahwaprofesionalitas guru secara positif dan signifikan memengaruh kinerja nilai t hitung yaitu sebesar 5,027>t-tabel 1.997. profesionalitas guru secara positif dan signifikan memengaruhi kinerja nilai t hitung yaitu sebesar 5,027>t-tabel 1.997.kepemimpinan kepala sekolah secara positif dan signifikanmemengaruhi kinerja nilai t hitung yaitu sebesar 3,468>1.997. budaya organisasi secara positif dan signifikan memengaruhi kinerja nilai t hitung yaitu memengaruhi kinerja nilai 2,132>t-tabel 1.997. dan Pofesionalitas guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri 14 Kota Palembang, dengan nilai F hitung yaitu sebesar 119,292>F.Tabel.2.758
Kesimpulan profesionalitas guru berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja, kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja, budaya organisasi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja dan profesionalitas guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya organisasi secara bersama-sama memengaruhi kinerja guru SMP Negeri 14 Kota Palembang

Biografi Penulis

Darlima Darlima, SMP Negeri 14 Palembang

Manajemen Pendidikan

Referensi

Adam, Ibrahim, 2003,Perilaku Organisasi, Cetakan Pertama: PT. SinarBaru, Bandung.

Bacal, Robert, 2001,Performance Management, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Darmansyah, 2008, Kontribusi Profesionalisme Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Brebes (Tesis), Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dharma, Agus, 2001,Manajemen Supervisi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

E, Mulyasa, 2004,Kurikulum Berbasis Kompetensi,Bandung: Remaja Rosda Karya.

Effendy, M, Siregar, 2001, Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Berhasil, Yayasan Mari Berhasil : Jakarta Barat.

Gaffar, Mohammad Fakry, 2006, Sistem Informasi Manajemen Nasional Guru, Bandung : UPI

Harsey & Blanchard, 2004. Management of Organizational Behavior : Untilizing Human Resouces, Prentice Hall, New Jersey.

Ibrahim, 2003,Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Ikhsan, Rumtin, 2012,

(http//www.depdiknas.go.id/Jurnal/38/editorial/38/htm) 190 diakses tanggal 18 Januari 2017 pukul 8:24.

Kotler, Philip, dan Susanto, A.,B., 2001,Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Pertama, Jilid I, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Mangkunegara, A., A., Anwar Prabu, 2002,Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Mukhtar, dkk, 2003,Mengukir Prestasi: Panduan Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Misaka Gasila.

Mulyasa, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah : konsep, strategi dan implementasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

..............., 2003,Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosdakarya.

Ndraha, Taliziduhu, 2006,Budaya Organisasi, Jakarta :Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah

Robbins, Stephen P., 2006,Perlikau Organisasi Edisi 10 – Alih Bahasa: Drs Benyamin Molan,Jakarta PT. Indeks.

Rusmana, 2011, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru: Studi Analisis Terhadap Guru Sekolah Dasar Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan UPTD TK dan SD Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Tesis, AP Universitas Pendidikan Indonesia, Diunduh dari http://repository.upi.edu/tesisview.php?no_tesis=190 diakses tanggal 18Januari 2017 pukul 8:24.

Sidi, Indradjati, 2005, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta : Paramadina

Sugiyono, 2001, Statistik untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sumidjo, 2005,Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Supriyadi, Dedi, 2005, Membangun Bangsa Melalui Pendidikan ,Bandung : Remaja Rosdakarya

Swasto, B, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia : Edisi Kedua, Yogyakarta STIE YKPN.

Syaefuddin, Aas, 2005, “Pengelolaan Tenaga Kependidikanâ€, dalam Deni Koswara & Cepi Triatna (ed), Pengelolaan Pendidikan, Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan UPI.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Umaedi, 2008, Menejemen Berbasis Sekolah, Universitas Terbuka: Jakarta.

Umar, Husein, 2003,Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Usman, Moh Uzer, 2000,Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo, 2005,Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Wiersma, William, 2001, Research methods in education,Massachusetts : Allyn and Bacon, Inc.

Wijaya, Adam Ibrahim Indra, 2000, Perilaku Organisasi, Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Yulk, Gary, 2010, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Kelima, Jakarta : PT. Indek

Diterbitkan

2017-09-26

Cara Mengutip

Darlima, D. (2017). PENGARUH PROFESIONALISME GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 14 PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 2(2), 63–72. https://doi.org/10.35908/jeg.v2i2.253