PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH, TBK. CABANG PALEMBANG

Penulis

  • Kemas Afandi Abdullah Bank Panin Dubai Syariah Palembang
  • Luis - Marnisah Universitas IGM Palembang
  • Siti Komariah Hildayanti Universitas IGM Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v3i1.358

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Awareness, Brand association, perceived quality, Brand loyalty terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Panin Dubai Syariah Bank, Tbk. Cabang Palembang, secara parsial dan secara bersama terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Panin Dubai Syariah Bank, Cabang Palembang. Didisain menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, dengan sampel sebanyak 92 nasabah yang diambil dari 1126 nasabah dengan menggunakan Teknik Sloven. Pengumpulan data menggunakan Teknik kuesioner dan data diolah dengan tools analisis SPSS 22.

Melalui uji hipotesis dapat diketahui bahwa Brand awareness tidak dapat memengaruhi Loyalitas Pelangan dengan P 0,152>0,05 dan t. hitung 1.445<t.tabel 1.9839, terdapat pengaruh perceived quality terhadap loyalitas pelangan dengan signifikansi 0.038<0,05 dan t.-hitung 1.998>t-tabel 1.9839, Brand loyalty berpengaruh terhadap loyalitas pelangan dengan tingkat signifikansi 0,026<0,05 dan t. hitung 2.219>t.tabel 1.9839, brans association memengaruhi loyalitas merk dengan tingkat signifikansi 0,00<0,05 dan t hitung 3.699> t.tabel 1.9838, dan Brand Awareness,Brand association, perceived quality, Brand loyalty berpengaruh terhadap loyalitasnasabah Bank Panin Dubai Syariahsignifikansi 0,00<0,05 dan F hitung 7,655> F.tabel 2.700. Benang merah penelitian bahwa; Brand Awareness tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Brand association, perceived quality, Brand loyalty berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Panin Dubai Syariah, dan Brand Awareness,Brand association, perceived quality, Brand loyalty berpengaruh secara bersama terhadap loyalitas nasabah Bank Panin Dubai Syariah.

 Kata Kunci : Brand Awareness,Brand association, perceived quality, Brand loyaltyterhadap loyalitas

Biografi Penulis

Kemas Afandi Abdullah, Bank Panin Dubai Syariah Palembang

Pemasaran

Luis - Marnisah, Universitas IGM Palembang

Fakultas Ekonomi

Siti Komariah Hildayanti, Universitas IGM Palembang

Magister Manajemen

Referensi

Aaker, David A.1991.Managing Ekuitas merek(Brand Equity).The Free Press and Co.20th Edition. New York.

Alghofari, Ahmad Kholid. Pratiwi, Indah. Astuti, Purbosari Yudha. 2009. Analisis Pengaruh Ekuitas merek(Brand Equity) Terhadap Pembentukan Customer Loyalty Pada Jenis Pasta Gigi Dengan Analisis SEM (Studi Kasus Mahasiswa UMS).Simposium Nasional RAPI VIII Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Chan, Arianis. 2010. Pengaruh Ekuitas merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.6, No.1: hal.43-58.

Durianto,Darmadi. Sugiarto. 2004. Ekuitas merek(Brand Equity) Ten: Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Farquhar, P.H. 1990. Managing Ekuitas merek(Brand Equity).Journal of Advertising Research.Vol.30. August- September, pp. RC7-RC12.

Fitria,Santi.2012. Pengaruh Ekuitas merek pada keputusan pembelian produk mie instan merek Indomie.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Media Utama. Yogyakarta.

Hazra, Sandip Ghosh. Kumar, Tapan. Piyush, Prashant. 2013. Customer Loyalty in Indian Banking Sector: A Comparative Study. International Journal Of Management 2013: 4, 236-243.

Islami, Azka Nabila. 2010. Analisis Pengaruh Kesadaran merek (Brand Awareness), Asosiasi merek (Brand association), Persepsi kualitas (perceived quality), dan Loyalitas merk (Brand loyalty) Terhadap Minat Beli Telepon Seluler Nokia (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang).Semarang.

Kapferer. 2008. The New Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Ekuitas merek(Brand Equity) Long Term- 4th edition. Great Britain. MPG Books Ltd, Bodmin, Cornwall.

Kaplan, Robert M. Saccuzzo, Dennis P. 1993. Phsycological Testing principles, application, and issues; Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove,California.

Keller, Kevin Lane. 2008.Strategic Brand Management:Building,

Measuring,and Managing Ekuitas merek(Brand Equity). 3th ed. Upper Saddle River. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Knapp, Duane E. Hart, Christopher W. 2000. The Brand Mindset.McGraw-Hill. New York.

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Pearson Education Limited 14 e. New Jersey.

Rofiq, Ainur. Suryadi, Nanang. Faidah, Nita Nur. 2009. Peranan Ekuitas merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler.The 3rd National Conference on Management Research. Bandung.

Shihab, MukhsinSaggaff. Sukendar, Ananto, 2009.Pengaruh Brand Trust dan Ekuitas merek(Brand Equity)Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus Produk Tes Widal Merek Remel. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun VI No 2, Oktober 2009

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung.

Tapeci, Mustafa. 2014. Increasing Loyalitas merek (Brand loyalty) in The Hospitality Industry. International Journal of Contemporary Hospitality Ma.

Diterbitkan

2018-02-15

Cara Mengutip

Abdullah, K. A., Marnisah, L. .-., & Hildayanti, S. K. (2018). PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH, TBK. CABANG PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 3(1), 64–76. https://doi.org/10.35908/jeg.v3i1.358