PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL DI BANK SUMSEL BABEL CABANG PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v3i2.475Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiâ€Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Nasabah, terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital oleh Nasabah Bank SUMSEBABEL Cabang Prabumulih. Desain penelitian ini  menggunakan kuesioner yang sebelumnya dilakukan uji validitas,  yang diisi oleh 100 responden.  Terdapat pengaruh yang positif promosi (X1) dan kepercayaan nasabah (X2) secara bersama-sama maupun parsial terhadap keputusan penggunaan layanan digital (Y).
Persamaan regresi menghasilakn  Y = 1,055 + 0,373X1 + 0,320X2+e. Intepretasi persamaan tersebut, nilai konstanta sebesar 1,055 menunjukkan bahwa jika Promosi (X1), dan Kepercayaan Nasabah (X2) dianggap tidak ada (nol) maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) sebesar 1,055. Promosi (X1) sebesar 0,373 berslope positif, hal ini menyatakan bahwa jika Promosi (X1) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,373 atau dapat juga dikatakan bahwa semakin tinggi Promosi yang dilakukan oleh Bank SUMSELBABEL, maka akan mampu meningkatkan Keputusan Penggunaan Layanan Digital atas produk yang ditawarkan. Kepercayaan nasabah (X2) sebesar 0,320 berslope positif, hal ini menyatakan bahwa jika Kepercayaan Nasabah (X2) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,320 atau dapat juga dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan nasabah atas suatu produk maka akan meningkatkan keputusan Penggunaan Layanan Digital atas produk yang ditawarkan oleh bank tersebut.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa ada hubungan secara signifikan antara Variabel Bebas yaitu Promosi (X1) dan Kepercayaan Nasabah (X2), terhadap Variabel Terikat yaitu Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) oleh Nasabah Bank SUMSEBABEL Cabang Prabumulih.
Â
Kata Kunci: Promosi, Kepercayaan Nasabah dan Keputusan Penggunaan Layanan Digital.
Referensi
Alfansi,lizar (2012:26). Pemasaran Jasa Finansial. Jakarta: Salemba Empat, 2016.
Alma,Buchari (2016:338). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Alma Buchari, (2010: 140). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Andini, Suharyono dan Sunarti, 2014. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Pelanggan Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Univesitas Brawijaya Angkatan 2013 yang melakukan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis Vol.11, Nomor 1, hal 1-6.
Cant, M., Strydom,J., Jooste, C., & Plessis, P. D. (2006). Marketing Management. (5th ed.). South Africa: Juta & Company.
Christina Whidya Utami (2010). Manajemen Ritel (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Citra Sugianto Putri, 2016, Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. JURNAL MANAJEMEN DAN START-UP Bisnis Vol 1 NO. 05 Des 2016 Hal 594-603.
Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani (2016:25). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Penerbit BPFE-Yogyakarta, 2016.
EkoYuliawan, 2011. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung, Jurnal Wira Ekonomi MIkroskil Volume 1, Nomor 01, April 2011.
Essinger, J., & Wylie, H. (2003). Customer strategy: Devising successful strategies in food and drink. Reuters Business Insight.
Grewal, Dhruv, & Michael, L.(2010). Marketing (2nd ed.). New York: McGrawHill.
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Griffin, 2005; 31 Manajemen edisi 7 jilid 1. Penerbit Erlangga Ciracas, Jakarta.
Ginting, Paham dan Sembiring, Beby KF (2010) Dosen Magister Ilmu Manajemen SPs USU.
Harjanto, R. (2009). Prinsip-prinsip periklanan. Jakarta: PT Gramedia.
Jasfar, F. 2009. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia Jakarta.
Kotler dan Amstrong (2012:62). Prisnsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012:150). Marketing management (14th ed.). United States of America: Pearson.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi. (edisi ketiga). Jakarta: Salemba Empat.
Madura, Jeff. (2011: p.449). Pengantar Bisnis .Penerbit Salemba Emapt edisi 4 buku 1 dan 2 .Jakarta.
Morissan, (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bogor: Prenada.
Nazir, Moh. (2009) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Novita Ekasari, 2014. Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pembiayaan Kendaraan Pada PT.BFI Finance Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora Vol.16 Nomor 2, Juli-Des 2014 hal,81-102 ISSN:0852-8349.
Prasetya dan Adi Nurmahdi. Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital Dan Perilaku Online Konsumen Pada Peningkatan Kesadaran Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Via Website (Studi Kasus Pada E-Commerce Website PT.CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY), hal 1-18.
Rangkuti, F. (2006). Riset Pemasaran. (5th ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saebani, Beni Ahmad (2015:239). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Penerbit: Pustaka Setia, Bandung.
Siagian, S. P. (2007). Manajemen Sumberdaya Manusia. (14th ed.). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, ujang .Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia .Cet.Kedua, Februari 2014. Jl. Rancamaya Km. 1 No. 47, Warung Nangka, Ciawi – Bogor 16720.
Sunyoto, Danang (2014: 6). Praktik Riset Perilaku Konsumen. Penerbit: PT.BUKU SERU, Jakarta.
Suyanto, Asep Herman. 2007. Web Design Theory and Practices.Yogyakarta: Andi.
Swastha, B. Dharmmesta dan Handoko, T hani (2016:10). Manajemen Pemasaran, Analiiss Konsumen. Edisi Pertama di cetak BPFE-Yogyakarta cetakan ketujuh agustus 2016.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta (Wyckof dalam Lovelock yang dikutip oleh Fandy Tjiptono, 2012) Konsep Kualitas Pelayanan Publik.
Umar, husein (2010), Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT.Gramedia Bulding, Jakarta.
Yazid. (2003). Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006). Service marketing. 4thedition. New York: The MC Graw-Hill Companies, Inc
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work