KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.35908/jeg.v4i1.573Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSUP Dr. Mohamad Hoesin Palembang. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 100 orang dari 500 populasi pasien rawat jalan RSUP Dr. Mohamad Hosien Palembang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling.
Dari hasil penelitian ini, secara simultan variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUP Dr. Mohamad Hosien Palembang, hal ini dapat dilihat dari nilai uji F dimana sig F sebesar 0,0000 < α (0,05). Secara parsial variabel reliability memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,028 < α (0,05). Variabel responsiveness tidak memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,000 < α (0,05). variabel assurance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,05 = α (0,05). Variabel empathy berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,794 > α (0,05). dan Variabel tangible tidak memiliki berpengaruh terhadap variabel kepuasan pasien yang ditunjukan nilai sig t 0,000 < α (0,05). Koefisien korelasi rata-rata 0,867 menunjukan hubungan yang sangat kuat dan positif (searah). Koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0,752. Dapat dijelaskan bahwa variabel kepuasan di pengaruhi oleh variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible sebesar 75,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible dan Kepuasan pasien
Referensi
Arafah, Willy, (2004), Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Image, Media Riset Bisnis & Manajemen, Vol 4 No 1, April.
Astuti, Eny Kustiah, (2014), Analisis Kepuasan Pasien rawat Inap atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen, Jurnal Gema, Th.XXVI/48/Februari-Juli 2014
Dewi, Meutia, (2016), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur, Jurnal Manajemen dan Keuangan, vol 5, No.2, November 2016 Hal. 535-544. ISSN:2252-844X
Kotler, 2009, Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas, Jakarta Penerbit Erlangga
Nugroho, Novemy Triyandari .,(2015), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Paradigma vol 12
Parasuraman,A. Zeithhaml, Valerei & Berry,L.1988. Servqual : Multiple Item Scale for Measuring, Consumer Perception of Service Qulity : Journal of Retailing,64. 1:12-36.
Samsuddin, Harun, 2018, Kinerja Karyawan. Tinjuan dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi, Sidoarjo, Indomedia Pustaka.
Sekaran, Uma . 2003. Research Methods for Business : Skill-Building Approach, Fourth Edition, New York : John Wiley &nSons Inc.
Sugiyono, E. Wibowo. 2001. Statistika Penelitian, Edisi I, Bandung : Alfabeta.
Supartiningsih, Solichah, (2017), Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Kasus Pada Pasien Rawat Jalan), Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1):9-15 Januari 2017
Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2004. Service Quality and Satisfaction, Andi Offset, Yogyakarta.
Wan Suryani, Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan, Jurnal Implementasi Ekonomi dan Bisnis FE-Univa Medan, hal.819-838
Windasuri, Heria, 2017, Excellent Service (The Secrets of Building a Service Organization), Jakarta, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
Yamit, Zulian 2005, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.
Zamzam, Fakhry dan Havis Aravik, Manajemen SDM Berbasis Syariah, Bogor : CV. RWTC Success
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work