KOMPETENSI, KOMPENSASI DAN SANKSI HUKUM PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU APARATUR DALAM PENGADAAN BARANG/JASA DI KOTA PALEMBANG

Penulis

  • Yohanes Susanto Indo Global Mandiri University

DOI:

https://doi.org/10.35908/jeg.v1i1.83

Abstrak

Kompetensi, Kompensasi dan Sanksi hukum pengaruhnya terhadap Perilaku Aparatur dalam pengadaan Barang/jasadi Kota Palembang, dibawah koordinator Lembaga penelitian Universitas In do Global Mandiri Palembang ( Program Pascasarjana Studi ekonomi Manajemen)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Kompetensi dan Kompensasi dan sanksi hukum pengaruhnya terhadap pengadaan Barang/jasa di Kota Palembang. Penelitian dilakukan selama 4 bulan terhadap 16 SKPD  dari populasi 190 Aparatur SKPD Dinas/Badan di Kota Palembang.   

Analisis data penelitian menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial.  Model analisis menggunakan SPSS / Regresi Berganda dengan komposisi struktur  Kompetensi, Kompensasi dan Sanksi Hukum sebagai variabel eksogen dan Perilaku Aparatur sebagai variabel endogen.

Hasil Penelitian menunjukan (1) pada sub-struktur pertama bahwa, Kompetensi dan Kompensasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku aparatur, namun secara parsial hanya kompetensi yang berpengaruh positif dansignifikan (2) pada struktur utama bahwa kompetensi, kompensasi dan sanksi hukum secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku aparatur di Kota Palembang.

Dari hasil analisis  deskriptip  dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan perilaku aparatur di Kota Palembang variable sanksi hukum memiliki pengaruh lebih dominan dari pada variabel kompensasi dan variabel kompetensi indikator paling berpengaruh adalah pemalsuan dokumen lelang merupakan tindakan pidana dalam pengadaan bartang/jasa.

Disarankan kepada para aparatur di Kota Palembang, bahwa untuk meningkatkan perilaku aparatur yang baik dalam pengadaan Barang/jasa  perlu perhatian di fokuskan pada upaya memperbaiki sistem kompensasi, honorarium panitia lelang dan untuk meningkatkan sanksi hukum perlu perhatian yang di fokuskan pada upaya kelengkapan lelang kepada rekanan diwajibkan meyediakan jaminan penawaran, untuk meningkatkan  Kompetensi aparatur perlu adanya pembekalan tentang pemahaman pengadaan barang/jasa.

Kata Kunci : Kompetensi, Kompensasi, Sanksi hukum,dan Perilaku Aparatur

Biografi Penulis

Yohanes Susanto, Indo Global Mandiri University

Program Magister Studi Ekonomi Managemen

Referensi

Agung. (2008). Dasar-dasar Perilaku Individu [online].Tersedia: http://agungpia.multiply.com /journal/item/23.html (diakses tanggal 28 September 2010).

Agbo, F.U. 2000, Increasing the output of caorava through women cooperatives Nigerian Journal of cooperative studi 2(1).PP.24-38

Aubrey, Daniels C. 2000, Maximum Performance: Sistem Motivasi terbaik Bagi Kinerja Karyawan, Jaqkarta, PT.Buana Ilmu Popiler

Arep, Ishak dan Tanjung, Hendri (2003) Manajemen Motivasi, Jakarta, PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Alex, S. Nitisemito, 2000. Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Gholia Indonesia.

Anto Dajan, 2000. Pengantar Metode Statistik Jilid 2, Jakarta Penerbit LP3ES.

Achmad S, Ruky, 2001, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta : PT, Gramedia Pustaka utama.

Anoraga, (2009) Sistem kompensasi, Jakarta. penerbit Rineka cipta

Andhika Putra Kresnandito, 2012 Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional terhadap perilaku inovatif karyawan, Jurnal Fak. Psikologi Universitas Airlangga, Vol 1 Nomor 2.

Ambruster, P. 2001. Cooperative Banks in Europe Value and Practices to Produc development IRU Courier (3) PP. 10-13

A.Soegihartono, 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Kepuasan kerja terhadap kinerja dengan mediasi komitmen, Jurnal Fak, Ekonomi Univ, Dian Nuswantoro Semarang, Vol 3 Nomor 1.

_________ 2003, SDM Berkualitas Mengubah Visi menjadi Realitas, Pendekatan Mikro Praktis Untuk Memperoleh dan Mengembangkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dalam Organisasi, Jakarta : PT, Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharmini ,2005, Manajemen Penelitia,Edisi Revisi, Jakarta Rineka Cipta.

_________2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi Jakarta Rineka Cipta.

As’ad, Moh, 2000, Psikologi Industri, Yogyakarta Liberty.

Azmi, Ghani, 2010 Competency Based Human Resource Practices in Malaysian Public Sector Organization, African Journal of Business Management Vol 4(2),PP.235-241.

Bass, B.M. &R.E. Ringgo 2006. Tranformational leadership, New York, Lawrence Erbaum Associates Publisher.

Bangun Wilson, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. Erlangga.

Boland, L.A, 2005. Critical Economic Method. London George Allen and Unwin.

Boland, L.A. 2000. The Methodology of Economic Model Building: Methodology after samuelson. New York. Routiedge.

Budiyuwono, Nugroho, 2003. Pengantar Statistik Ekonomi dan Perusahaan, Yogyakarta. AMP YKPN.

Birdir, Edwin, 2000, Human Resources Planning, New York McGraw-Hill Book Company.

Byrne, B.M, 2001, Structural Equation Modeling With Amos Basic Concep-t, Aplication Programming. Lawrence Erlbaum Associates.

Casio, F.C.2003. Managing Human Resources Prodauctivity, Quality of Work Life, Proffitss, Six Edition. Bosto McGraw-Hill.

Chaney, C.2006. TheLeader’s Tool Kit Hundreads of Tips and Techniques for Developing he Skill you Need, New York, Amacom.

Cooper, D.R. and P.S. Schindler. 2003. Busines Research Methods, Singapore, McGraw-Hill International.

Collins,J, 2006, Good to Great, New York, Summit.

Cortina, J.M, 2002. Testing Interacting Effects in LISREL, Examinationand Illustration of Available Procedures, Organization Research Method

Darlius, 2009, Disertasi Pengaruh Kepemimpinan dan kompetensi, terhadap Motivasi Implikasinya pada Kinerja Karyawan, Jakarta. Universitas Persada Indonesia. YAI.

Delahaye,B. 2011, Development Managing Learning Knowledge Capital Human Resoucess, Third Edition, Pahlan, VIC, Australia, Tidle university Press.

Dressler, G, 2003. Human Resourcess Management, Nineth Edition, New Jersey, Upper Seddler River, Prentice Hall.

Davis Keith, New Strom, Jhon W, 2002, Perilaku Dalam Organisasi, Jilid I, Alih Bahasa Agus Darma Jakarta Erlangga.

Dessler Gary, 2002, Human Resource Management, Sage Publication. Eighth Edition, New Jersey By Prentice Hall, Inc, Upper Saddle River.

Diamantopaulus, A. Dan Siguaw,J.A, 2000. Introducing LISREL. A guide for the Uniate. London,Sage.

Ernes J, Mc Cormick, Fitgerald E, 2001, “People and Organizational Culture: A Profile Comparison Approach to Assessing Person-Organization Fitâ€, Academy of Management Journal, April 2001, pp, 487-513.

Erlbaum, L. 2003. Transformational leadership, Industrial, Military, and Education Impact England Bernand M.Bass,NSCL.

Gallos, Joan, 2008, Business Leadership, New Jersey John Willey & Son

Ghozali, Imam, 2006, Analisis Multivariate Lanjutan, Semarang, Penerbit UNDIP.

Gibson, James, L; John, M, Ivancevich dan J,H, Donelly, 2004, Organisasi dan Manajemen, Perilaku, Struktur, Proses, Terj, Djoerban Wahid, Jakarta : Erlangga,

Gibson, J.L.J.M. Invencenth, et.all. 2009 Organization Bahavior, Structure, Process, Thirteenth Edition, New York Mcgraw Hill

Gill, R. 2009. Theory and Practice of Leadership, New York, A. Sage Publication Company.

Diterbitkan

2016-10-07

Cara Mengutip

Susanto, Y. (2016). KOMPETENSI, KOMPENSASI DAN SANKSI HUKUM PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU APARATUR DALAM PENGADAAN BARANG/JASA DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Ecoment Global, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.35908/jeg.v1i1.83