Digital Governance dalam Pelaksanaan Program E-Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang

Authors

  • Ahmad Yusron Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rachmat Ramdani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Cucu Sugiarti Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v7i1.1988

Abstract

Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Karawang semakin memperioritaskan pembangunan pemerintahan berbasis elektronik (E-Government). Hal tersebut ditandai dengan dikeluarkannya suatu komitmen dalam bentuk Peraturan Daerah No. 16 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kebijakan tersebut  memiliki maksud sebagai pedoman bagi perangkat daerah untuk turut pengupayakan pelaksanaan dan pengembangan SPBE di dalam organisasinya hingga akhirnya hadir sebuah aplikasi pelayanan administratif E-Dukcapil yang berada dibawah tanggungjawab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Namun dalam pelaksanaannnya terdapat beberapa masalah yang membuat E-Dukcapil terasa minim fungsi yang berkaitan dengan sosialisasi yang kurang dan kondisi infrastruktur dan suprastruktur yang masih banyak dikeluhkan masyarakat. Untuk menganalisa hal tersebut penulis menghadirkan sebuah konsep elemen sukses penerapan E-Government di Sektor publik milik JFK Harvard Shcool Of Governmet yang dinilai relevan dengan permasalahan sehingga dapat dijadikan acuan bagi sektor publik dalam proses perencanaan dan pelaksanaan E-Government di lingkungannya dengan memeperhatikan ketersediaan support yang mengacu pada dukungan empiris dari seorang pemimpin, capacity atau kemampuan organisasi dalam melaksanakan E-Governmet dan Value yang menjadi refleksi atas ada atau tidaknya nilai guna dari E-Government yang diterapkan. Dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan Eksplanatory diharapakan penulis mampu menghasilakan data berupa kata-kata atau tulisan yang sifatnya menjelaskan manfaat aplikasi E-Dukcapil dengan harapan setinggi-tingginya dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi berbasis E-Dukcapil di Dinas Dukcapil Kabupaten Karawang kedepannya.

 

Kata Kunci: Administrasi, E-Dukcapil, Pemerintahan Elektronik

Author Biographies

Ahmad Yusron, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Rachmat Ramdani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Cucu Sugiarti, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Andhini, N. F. (2017) ‘Penganggaran Dan Anggaran’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Atika, R. (2018) ‘Pelaksanaan Perekaman KTP-el Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara (Study Kasus: Kecamatan Barumun dan Kecamatan Ulu Barumun)’.

Cahyadi, A. (2003) ‘E-Government: Suatu Tinjauan Konsep dan Permasalahan’, The Winners, 4(1), p. 1. doi: 10.21512/tw.v4i1.3796.

Erisva, M. & (2017) ‘E-Government dan Aplikasinya Di Lingkungan Pemerintah Daerah’, pp. 68–70.

Herdiana, D. (2019) ‘Sosialisasi Kebijakan Publik : Pengertian dan Konsep Dasar’, (November).

Irawan, B. (2013) ‘Sebuah Paradigma Baru dalam Pelayanan Publik’, Studi Analisis Konsep E-Government, (29 Suppl), pp. 54–68.

Kumbara, C. R., Linawati, L. and Widyantara, I. M. O. (2017) ‘Audit Infrastruktur Aplikasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Denpasar’, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 16(2), p. 78. doi: 10.24843/mite.2017.v16i02p14.

Labolo, M. (2017) Memahami Ilmu Pemerintahan. 8th edn. Depok: Rajawali pers.

Misuraca (2007) ‘Menggagas implementasi E-Government edisi Terjemaahan’, in. Jakarta: Dwi Aksara, pp. 57–58.

Ordiyasa, W. (2015) ‘Kegagalan Penerapan E-Goverment’, pp. 6–8.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Yusron, A., Ramdani, R., & Sugiarti, C. (2022). Digital Governance dalam Pelaksanaan Program E-Dukcapil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karawang. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 7(1). https://doi.org/10.36982/jpg.v7i1.1988

Issue

Section

Articles