Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Di SDN 1 Mariana Kecamatan Banyuasin 1
DOI:
https://doi.org/10.36982/jpg.v7i2.2102Abstract
ABSTRACTÂLiteracy activity is one of government efforts to strengthen character. Indonesia government has regulation from Ministry of Education and Culture that School Literacy Movement begins 15 minutes before class. The study aimed to describe the implementation of School Literacy Movement and to describe the positive impact of School Literacy Movementat at SDN 1 Mariana Kecamatan Banyuasin. It was qualitative research with case study method. The data collection techniques were observation, interview, and document study. The results showed that the implementation of School Literacy Movement went through the habituation stage, the development stage, and the learning stage. The positive impacts were student attitudes showing high literate ecosystem, the increasing of Bahasa Indonesia learning outcomes, and literacy skills indicated from students portfolio.
Â
Keywords: implementation, school-literacy-movement, learning achievement
Â
ABSTRAK
Â
Kegiatan literasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menguatkan karakter. Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan 15 menit sebelum pelajaran dilakukan di kelas pada awal pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah dan mendeskripsikan dampak positif dari Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Mariana Kecamatan Banyuasin 1.Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah telah mencapai tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Dampak postitif dari pelaksanaan program tersebut yaitu sikap siswa yang menunjukkan ekosistem literat yang sangat tinggi, peningkatan pengetahuan berupa hasil belajar Bahasa Indonesia, dan kecakapan literasi melalui ketrampilan dari portofolio siswa.
Â
Kata kunci: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, prestasi belajar
Â
Â
Â
Â
References
Daftar Pustaka
Abidin, Y., Tirta, M., & Hana, Y. (2018). Pembelajaran Literasi (Strategi Meningkatkan Kemampuan Litearsi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis). Jakarta: Bumi Aksara.
Batubara, H. H., & D. N. Ariani. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 15-29.
Eriyani, N. D. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Diperoleh pada tanggal 20 Oktober 2020 dari https://osf.io/439fd
Faizah, D. U., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hendarman, dkk. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Skertariat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koesoema, D., dkk. (2017). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Sekertaris TIM GLN Kemendikbud.
Oktarina, A. (2018). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di SD N Golo Yogyakarta. Journal Basic Education, 7 (30), 2941-2951.
Purwati, P. (2018). Dampak Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jawa Tengah Pos. Diperoleh pada 20 Januari 2020 dari http://jatengpos.co.id/dampak-gls- bagi-siswa-sekolah-dasar/.
Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Artikel. Diperoleh pada tanggal 20 Oktober 2020 dari http://repository.uin- malang.ac.id/1104/.
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58.
Suryono, T. Harsiati, & I. K. Wulandari. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 26 (2), 116-123.
Suwandi, S. (2019). Pendidikan Literasi. Bandung: PT Remaja Rosdakakarya.
Solichin A. W. 2008. Analisis Kebijaksanaan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara
Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Suyono Titik Harsiati Ika Sari Wulandari Universitas, 26(2), 116–123.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkatakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1 (1), 325-343.
Winardi. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Indonesia Matematika dan Pendidikan, 5 (9),576-580