Peran Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Catatan Sipil Kota Palembang

Authors

  • Rusdi Rusdi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v3i3.675

Abstract

Abstrack

The purpose of this study is to find out how the role of work motivation to improve the performance of civil service official officers and what factors affect the performance improvement of civil servant officials of Palembang city. The method used in this research is research method qualitative data analysis techniques. Data collection is done by conducting interviews with Key informants that have been established. The achievement of the company's goals depends not only on modern equipment, facilities and complete infrastructure, but more dependent on the people who carry out the work. The success of an organization is strongly influenced by the performance of individual employees. Each organization will always strive to improve the performance of employees, with the hope that what the purpose of the office will be achieved. In improving the performance of employees must take several ways such as through education, training, appropriate compensation, create a conducive working environment and not escape from the provision of good work motivation. While the factors that affect the improvement of employee performance is a complete adequate office facilities, work environment, and work priorities.

Keywords : performance, civil service, motivation.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai dinas sipil dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi peningkatan kinerja pegawai negeri sipil kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian teknik analisis data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan informan kunci yang telah ditetapkan. Pencapaian tujuan perusahaan tidak hanya tergantung pada peralatan modern, fasilitas dan infrastruktur lengkap, tetapi lebih tergantung pada orang-orang yang melakukan pekerjaan. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja masing-masing karyawan. Setiap organisasi akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, dengan harapan apa tujuan dari kantor akan tercapai. Dalam meningkatkan kinerja karyawan harus mengambil beberapa cara seperti melalui pendidikan, pelatihan, kompensasi yang sesuai, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan tidak luput dari penyediaan motivasi kerja yang baik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja karyawan adalah fasilitas kantor yang lengkap memadai, lingkungan kerja, dan prioritas kerja. 

Kata kunci : kinerja, pegawai negeri, motivasi

Author Biography

Rusdi Rusdi, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Undang-undang Republik Indonesia. No 23 tahun 2006. Tentang Kependudukan Nasional. Jakarta

Dr. Panji Santoso, M.Si Administrasi Publik. PT Refika Aditama Bandung 2008.

Peraturan Daerah No. 23 Tahun 2006. Tentang administrasi di pelaksana kinerja kependudukan catatan sipil kota Palembang.

Peraturan daerah No. 14 Tahun 2008. Tentang kinerja pegawai .

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 25 tahun 2008 tentang persyaratan dan tata cara pendaftar penduduk dan pencatatan sipil Jakarta.

Downloads

Published

2019-05-23

How to Cite

Rusdi, R. (2019). Peran Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Catatan Sipil Kota Palembang. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 3(3). https://doi.org/10.36982/jpg.v3i3.675

Issue

Section

Articles