Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Menciptakan Rumah Layak Huni pada Kantor Kecamatan Kalidoni Kota Palembang

Authors

  • M. Sattarudin STIA Satya Negara

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v4i1.684

Abstract

Abstract

Seeing the development of the development of settlements in the city of Palembang, especially in the District of Kalidoni, there are still a number of middle class citizens who still need assistance from the Regional Head to improve a dwelling. However, the implementation of the coordination of the implementation carried out by the government was still faced with ineffective and inefficient services and the attention of the Head of the Kalidoni Sub-District to repair these habitable houses. This can be seen from the fact that there are still many houses that are not worth visiting in the Kalidoni sub-district of Palembang.

The method used in this research study is using descriptive qualitative methods that aim to elevate the situation and phenomena that occur when the study takes place and explain the problems based on the data obtained by the steps of observation, interviews and documentation.

The results of the study show that the Implementation of Republic of Indonesia Law Number 1 of 2011 concerning Housing and Settlement Areas in Creating Livable Houses at the Kalidoni District Office in Palembang City has not yet proceeded properly and is still not effective. This can be seen from the fact that there are still poor and low-income people living in uninhabitable homes with slum settlements and far from being healthy, but there is no action from the head of the region to help the community.

Keywords : Implementation, Housing and Settlement Area

Abstrak

Melihat kondisi perkembangan permukiman di Kota Palembang khususnya di daerah Kecamatan Kalidoni saat ini masih banyaknya warga golongan menengah kebawah yang masih membutuhkan bantuan dari Kepala Daerah untuk memperbaiki suatu huniannya. Namun pada kenyataannya penyelenggaraan implementasi yang dilakukan oleh pemerintah masih dihadapkan pada pelayanan yang belum efektif dan efisien serta kurangnya perhatian dari Kepala Camat Kalidoni untuk memperbaiki rumah-rumah yang layak huni tersebut. Hal ini terlihat dari masih banyaknya rumah warga yang tidak layak huni disekitar Kecamatan Kalidoni Palembang.

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian penelitian  ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengangkat keadaan dan fenomena-fenomena yang terjadi ketika penelitian berlangsung dan menjelaskan permasalahan berdasarkan data-data yang diperoleh dengan langkah-langkah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman Dalam Menciptakan Rumah Layak Huni Pada Kantor Kecamatan Kalidoni Kota Palembang belum berjalan dengan baik dan masih belum efektif. Hal ini dilihat dari masih adanya masyarakat yang kurang mampu dan berpenghasilan rendah menempati rumah yang tidak layak huni dengan permukiman yang kumuh dan jauh dari kata sehat, tetapi belum adanya tindakan dari kepala Daerah untuk membantu masyarakat tersebut.

Kata kunci : Implementasi, Perumahan dan Kawasan Permukiman

Author Biography

M. Sattarudin, STIA Satya Negara

Program Studi Administrasi Negara

References

Agustino, Leo 2012. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta

Pasolong, Harbani. 2014. Teori Administrasi Publik. Bandung : Alfabeta

Purwanto, dkk. 2012. Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia . Yogyakarta : Gava Media

Santosa, Pandji. 2012. Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung : PT. Refika Aditama

Subarsono. 2013. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Subyantoro, Arif dan Suwarto. 2007. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta : C.V Andi Offset

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman . 2011. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Zulrizka Iskandar, 2014. Psikologi Lingkungan Teori Dan Konsep, Jakarta : Refika Aditama.

Downloads

Published

2019-05-23

How to Cite

Sattarudin, M. (2019). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Menciptakan Rumah Layak Huni pada Kantor Kecamatan Kalidoni Kota Palembang. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 4(1). https://doi.org/10.36982/jpg.v4i1.684

Issue

Section

Articles