Analisis Kinerja Aparatur Kecamatan dalam pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang)

Authors

  • Hikmah Dinda Muizah Universitas Indo Global Mandiri
  • Isabella Isabella Universitas Indo Global Mandiri
  • Novia Kencana Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v4i2.689

Abstract

Abstract

This research is entitled "Analysis of the Performance of District Apparatus in Public Services (Case Study in Seberang Ulu II Sub-District Office, Palembang City)". This study aims to find out how the performance and implementation of public services carried out by the Seberang Ulu II District Apparatus in Palembang City. This type of research is qualitative descriptive. Data collection method by interview, documentation and observation. The theory used is to measure the performance of the bureaucracy by Dwiyanto, which consists of three dimensions, namely Productivity, Responsiveness and Accountability. The results of the research on the performance of the district apparatus in public services at the Seberang Ulu II Sub-district Office in Palembang City are not good enough, all of them have received a poor assessment by the community based on three assessment indicators that have been used which show that the performance of the district apparatus in public services in the sub-district office Ulu II Palembang City which has not been quality. The conclusion of this study said that the Performance of the District Apparatus in Public Services in the District carried out by the Camat Office apparatus in the Subdistrict of Seberang Ulu II, Palembang City was still not running optimally or poorly.

Keywords : Performance, Public Service, District

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja dan pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan oleh Aparatur Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teori yang digunakan adalah toeri mengukur kinerja birokrasi oleh Dwiyanto, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu, Produktivitas, Responsivitas dan Akuntabilitas. Hasil penelitian Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang belum cukup baik, itu semua telah mendapat penilaian yang belum baik oleh masyarakat berdasarkan tiga indikator penilaian yang telah digunakan yang menunjukkan bahwa Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang yang dilaksanakan belum berkualitas. Kesimpulan dari penelitian ini mengatakan bahwa Kinerja Aparatur Kecamatan Dalam Pelayanan Publik di Kecamatan yang dilaksanakan oleh aparatur Kantor Camat di Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang masih belum berjalan maksimal atau kurang baik.

Kata kunci : Kinerja, Pelayanan Publik, Kecamata

Author Biographies

Hikmah Dinda Muizah, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Isabella Isabella, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Novia Kencana, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Anwar, Prabu Mangkunegara. 2004.Manajemen Sumber Daya Manusia.Bandung: PT Remaja Rsodakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Daimol, Abror. 2013. Pelayanan Publik. Pasuruan : Yudartha Pasuruan Press.

Dwiyanto, Agus. 2012. Reformasi Birokasi Publik Di Indonesia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasin.Yogyakarta : Gava Media.

Komariah, Aan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Lembaga Administrasi Negara RI, 1992, Sistem Adiministrasi Negara RI Jilid II. Jakarta :CV Haji Massagung.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Prastowo, Andi. 2016. MetodePenelitian Kualitatif: dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Satori, Djam’an. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi dan R&D. Alfabeta: Bandung.

_______. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Data Bersumber dari PDF Online yang di ambil dalam situs http://www.an.fisipunmul.org, diakses pada hari Kamis, 14 Desember 2017 pukul 23.28 WIB.

Data Bersumber dari PDF Online yang di ambil dalam situs http://fiaub.blogspot. co.id//pelayanan-publik-dalam-pemerintahan.html, diakses pada hari Kamis, 15 Desember 2017 pukul 01.20 WIB.

Data Bersumber dari PDF Online yang di ambil dalam situs http://ariexsdelpotro.blogspot.co.id/2011/05/contoh prosedur dalam penelitian.html, diakses pada hari Rabu, 14 Maret 2018 pukul 21.57 WIB.

Data Bersumber dari PDF Online yang di ambil dalam situs https://media.unpad.ac.id/thesis/170820/2011/170120110503_3_1418.pdf, diakses pada hari Rabu, 14 Maret 2018 pukul 22.19 WIB.

Olivia F.C. Walangitan. 2016. Analisis Kinerja Pemerintah Kecamatan Dalam Pelayanan Publik Dikecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango Propinsi Gorontalo.Jurnal administrasi Publik. Volume 1 Nomor 1, hlm 5.

Rahman, Taupik. 2017. Kinerja Aparatur Negara dalam Pelayanan Publik. Samarinda : Jurnal Fisip Unmul Ilmu Pemerintahan. 5 (2) : 661-672. Hlm.3.

Rukmini, Widiaswari Roro. 2012. Pengaruh Kinerja Aparatur Negara di Kecamatan. Jurnal Spreed Volume 2 Nomor 2, hlm.8

Isabella, dkk. 2017. Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kecamatan Talag Kelapa Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pemerintahan dan Politik Volume 2 Nomor 1, hal 44.

Downloads

Published

2019-05-23

How to Cite

Muizah, H. D., Isabella, I., & Kencana, N. (2019). Analisis Kinerja Aparatur Kecamatan dalam pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang). Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 4(2). https://doi.org/10.36982/jpg.v4i2.689

Issue

Section

Articles