Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin
DOI:
https://doi.org/10.36982/jpg.v4i3.770Abstract
ABSTRACT
This study discusses the role of the village government in improving government administration to the people of Mekar Jaya Village, Keluang District, Musi Banyuasin Regency. The research method used in this study is a descriptive qualitative method by extracting data through interviews with informants from the Government Office of Mekar Jaya Village, which are village and community officials and through researching document data from related parties. The results of this study indicate that 1.) Tangible dimensions (physical evidence) are quite good, due to the comfort of the place, the employee's appearance of comfort in the file settings. And employee discipline does not have any problems apart from the community, it's just that for the use of facilities some employees have not been able to use it well. 2.) Dimensions of Reliability (Reliability) shows the quality of service is still low, because only the accuracy of employees are recognized and accepted by the community very well with the SOP used. 3.) Dimensions of Responsiveness (responsiveness) indicate a very good quality of service, seen from employees who have responded to all service users and have also provided services quickly, precisely, and accurately. 4.) Dimensional Collateral (Guarantees) show a very good quality of service, because they provide Guarantees on time, and Guarantee costs clearly and well while providing services to the community. 5.) The Empathy Dimension (Empathy) shows a very good quality of service, this is due to employee competence and does not cause discrimination in service. Prove that employees are very satisfied with the community first, the interests of customers (society) rather than personal interests and this is accepted and accepted by the community.
Keywords : Village Government, Administrative Service Standard
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat Desa Mekar Jaya Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dengan informan dari Kantor Pemerintahan Desa Mekar Jaya yaitu perangkat desa dan masyarakat serta melalui pengumpulan data dokumen dari instansi terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1.) Dimensi Tangible (bukti fisik) cukup baik, karena untuk kenyaman tempat, penampilan pegawai kemudahan dalam mengurus berkas. Serta kedisiplinan pegawai tidak memiliki masalah ataupun keluhan dari masyarakat, hanya saja untuk penggunaan fasilitas beberapa pegawai belum bisa menggunakannya dengan baik. 2.) Dimensi Reliability (Kehandalan) menunjukan kualitas pelayanan masih rendah, karena hanya kecermatan pegawai yang di akui dan dirasakan masyarakat sangat baik serta SOP yang digunakan. 3.) Dimensi Responsiveness (ketanggapan) menunjukkan kualitas pelayanan pegawai sangat baik, terlihat dari pegawai yang telah merespon semua pengguna layanan dan juga telah memberikan pelayanan dengan cepat, tepat, dan cermat. 4.) Dimensi Assurance (Jaminan) menunjukkan kualitas pelayanan pegawai sangat baik, karena memberikan jaminan tepat waktu, dan jaminan biaya dengan jelas dan baik selama memberikan pelayanan kepada masyarakat. 5.) Dimensi Empathy (Empati) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat baik, hal ini disebabkan oleh keramahan pegawai dan tidak adanya diskriminatif dalam pelayanan. Membuktikan bahwa pegawai sangat menghargai semua masyarakat serta pegawai mendahulukan, kepentingan pelanggan (masyarakat) dari pada kepentingan pribadi dan hal ini diakui dan dirasakan oleh masyarakat.
Kata kunci : Pemerintah Desa, Standar Pelayanan Administrasi.References
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Esa Kuswati, Ratna. 2019. Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul. (Skripsi) diambil dalam situs http://eprints.uny.ac.id di akses pada Senin 24 Juni 2019 pukul 01.47 WIB.
Prismawati. 2012. Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi Kasus pada SKPD Kabupaten Sukoharjo). (Skripsi) diambil dalam situs http://eprints.ums.ac.id/19940/2/3._BAB_I.pdf. Diakses pada Senin 13 Mei 2019 pukkul 23.44 WIB.
Republik Indonesia, Undang-Undang. Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pemerintah Desa.
Sri Maryunis, Rika. 2012. Upaya Pemerintah Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen dalam Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Administrasi Desa (Skripsi) diambil dalam situs http://eprintsuny.ac.idpdf. Diakses pada Selasa 14 Mei 2019 pukul 00.15 WIB.
Suryabrata, Sumadi. 1987. Metode Penelitian. Jakarya : Rajawali.
Sutrawati, Kadek. 2016. Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi pada Desa Pudaria Jaya Kecamatan Moramo). (PDF). http://sitedi.uho.ac.id/sitedi_SKRIPSI.pdf . Diakses pada hari Selasa 23 April 2019 pukul 19.25
Swivan Sondakh S, Kimbal Marthen, dkk. 2017. Implementasi Administrasi Pemerintahan Desa dalam Menunjang Pembangunan di Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. (PDF). Diakses pada hari Rabu 19 Juni 2019.