RANCANG BANGUNSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. ABC MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

Authors

  • Desy Iba Ricoida STMIK GI MDP Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36982/jiig.v4i2.372

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh PT. ABC kepada pelanggan melalui media SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah membantu PT.ABC untuk membantu dalam mempertahankan dan melayani pelanggan   sehingga mereka lebih loyal serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Metode RUP (Rational Unified Process) digunakan dalam pengembangan sistem ini  yang terdiri  dari fase Inception,  fase  Elaboration, fase  Construction dan  fase Transition. Hasil pengembangan sistem ini  dapat  membantu  PT.  ABC  menerapkan CRM  didalam kegiatan  bisnisnya dengan memanfaatkan SMS Gateway.

Kata Kunci : CRM (Customer Relationship Management), SMS Gateway, Metode RUP (Rational Unified Process)

Author Biography

Desy Iba Ricoida, STMIK GI MDP Palembang

Program Studi Sistem Informasi

References

AS, Rosa 2013, modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Bandung

Buttle, Francis 2011, Customer Relationship Management Manajemen Hubungan Pelanggan), Bayumedia, Jakarta

Fransiska, N dan Daniel 2012, Skripsi Aplikasi Pengelolaan CRM pada CV Jakaharta, STMIK MDP, Palembang.

Komputer, Wahana 2010, Belajar Pemograman Visual Basic 2010, Elex Media Komputindo, Semarang

Sadeli, Muhammad 2012, Aplikasi SMS dengan Visual Basic 6.0 n Visual Basic 2010, Maxikom, Palembang.

Sutabri, Tata 2012, Analisis Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Ricoida, D. I. (2018). RANCANG BANGUNSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. ABC MENGGUNAKAN SMS GATEWAY. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 4(1). https://doi.org/10.36982/jiig.v4i2.372

Issue

Section

Articles