RANCANG BANGUNSISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PADA PT. ABC MENGGUNAKAN SMS GATEWAY
DOI:
https://doi.org/10.36982/jiig.v4i2.372Abstrak
Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh PT. ABC kepada pelanggan melalui media SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah membantu PT.ABC untuk membantu dalam mempertahankan dan melayani pelanggan  sehingga mereka lebih loyal serta dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Metode RUP (Rational Unified Process) digunakan dalam pengembangan sistem ini  yang terdiri  dari fase Inception,  fase Elaboration, fase Construction dan fase Transition. Hasil pengembangan sistem ini  dapat  membantu  PT.  ABC  menerapkan CRM didalam kegiatan  bisnisnya dengan memanfaatkan SMS Gateway.
Kata Kunci : CRM (Customer Relationship Management), SMS Gateway, Metode RUP (Rational Unified Process)
Referensi
AS, Rosa 2013, modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Modula, Bandung
Buttle, Francis 2011, Customer Relationship Management Manajemen Hubungan Pelanggan), Bayumedia, Jakarta
Fransiska, N dan Daniel 2012, Skripsi Aplikasi Pengelolaan CRM pada CV Jakaharta, STMIK MDP, Palembang.
Komputer, Wahana 2010, Belajar Pemograman Visual Basic 2010, Elex Media Komputindo, Semarang
Sadeli, Muhammad 2012, Aplikasi SMS dengan Visual Basic 6.0 n Visual Basic 2010, Maxikom, Palembang.
Sutabri, Tata 2012, Analisis Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.