PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION, DAN PUBLICITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PELANGGAN UMKM MEBEL DI DESA MULYOHARJO)

Authors

  • Melani Yus Tiana Universitas Muria Kudus
  • Nurul Rizka Arumsari Universitas Muria Kudus
  • Faridhatun Faidah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.36982/jeg.v8i2.3417

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada UMKM mebel di Desa Mulyoharjo)  . Dalam penelitian ini, advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity sebagai faktor independen, sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini untuk memilih jumlah sampel 105 responden dengan kriteria pembelian minimal 1 kali, yang kemudian dilakukan analisis regresi. Teknik purposive sampling digunakan untuk menyeleksi pelanggan UMKM industri mebel di Desa Mulyoharjo. Pengujian validitas dan reliabilitas sebagai pertanyaan untuk setiap variabel diperiksa pada tahap pertama. Untuk mengetahui dampak advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity terhadap keputusan pembelian pada (Studi UKM Mebel di Desa Mulyoharjo) tahap pengujian tahap ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk mebel di Desa Mulyoharjo dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh pengaruh advertising, personal selling, sales promotion dan publicity. UMKM mebel di Desa Mulyoharjo diharapkan dapat rajin update informasi di media sosial mengenai produk mebel dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian sehingga terjadi kepuasan pelanggan dalam membeli produk mebel

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Yus Tiana, M., Arumsari, N. R., & Faidah, F. (2023). PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION, DAN PUBLICITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PELANGGAN UMKM MEBEL DI DESA MULYOHARJO). Jurnal Ecoment Global, 8(2), 67–78. https://doi.org/10.36982/jeg.v8i2.3417