PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING, SALES PROMOTION, DAN PUBLICITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA PELANGGAN UMKM MEBEL DI DESA MULYOHARJO)
DOI:
https://doi.org/10.36982/jeg.v8i2.3417Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada UMKM mebel di Desa Mulyoharjo) . Dalam penelitian ini, advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity sebagai faktor independen, sedangkan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini untuk memilih jumlah sampel 105 responden dengan kriteria pembelian minimal 1 kali, yang kemudian dilakukan analisis regresi. Teknik purposive sampling digunakan untuk menyeleksi pelanggan UMKM industri mebel di Desa Mulyoharjo. Pengujian validitas dan reliabilitas sebagai pertanyaan untuk setiap variabel diperiksa pada tahap pertama. Untuk mengetahui dampak advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity terhadap keputusan pembelian pada (Studi UKM Mebel di Desa Mulyoharjo) tahap pengujian tahap ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk mebel di Desa Mulyoharjo dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh pengaruh advertising, personal selling, sales promotion dan publicity. UMKM mebel di Desa Mulyoharjo diharapkan dapat rajin update informasi di media sosial mengenai produk mebel dan meningkatkan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan maupun pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian sehingga terjadi kepuasan pelanggan dalam membeli produk mebel
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Melani Yus Tiana, Nurul Rizka Arumsari, Faridhatun Faidah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License   that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work