EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM SATU DESA SATU DINIYAH DI KABUPATEN OGAN ILIR (STUDI PADA KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR)
DOI:
https://doi.org/10.36982/jpg.v7i2.2101Abstract
ABSTRACT
Â
The research aimed to find out and analize the effectiveness of the implementation of the One Village One Madrasa Diniyah Programme in Ogan Ilir Regency especially in Tanjung Raja Sub-district. This research was designed by using the qualitative descriptive method. The data collection methods used were interview, observation and documentation. The interviewees on the research were the civil servants in Department of Education and Culture of Ogan Ilir Regency, headmasters, teachers, students and parents of madrasa diniyah and community in Tanjung Raja Sub-district, Ogan Ilir Regency. Based on the result of research, it was found that the implementation of the One Village One Madrasa Diniyah Programme in Ogan Ilir Regency had been conducted effectively. The effectiveness of the programme was seen through the goal achievement, integration and adaptation. There was conformity between the result achieved and the objective of progamme targeted before the One Village One Madrasa Diniyah Programme was implemented, that was the enhancement on experience, knowledge, worshipping skills and good attitude of the students in madrasa diniyah. The socialization carried out by the Department of Education and Culture of Ogan Ilir Regency to headmasters, headmen, teachers and also the community in Ogan Ilir Regency had been done well. The Department of Education and Culture of Ogan Ilir Regency also collaborated with the Village Community Empowerment Agency of Ogan Ilir Regency in conducting socialization since it was related to the village and also the location of each madrasa diniyah in the village. The curriculum provided was adopted from the general curriculum of madrasa diniyah that was simplified andevaluated continually for example monotheism lessons, the Koran, hadith, fiqh, Islamic history, the way to pray and wudu correctly.
Â
Keywords: effectiveness, implementation, programme
Â
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Pelaksanaan Program Satu Desa Satu Diniyah di Kabupaten Ogan Ilir terutama pada Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir, kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa sekolah Diniyah di Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir serta masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan Program Satu Desa Satu Diniyah di Kabupaten Ogan Ilir sudah efektif. Â Efektivitas program tersebut bidilihat dari beberapa hal, yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Terdapat kesesuaian antara hasil yang diperoleh dengan tujuan program yang telah ditetapkan sebelumnya pada pelaksanaan Program Satu Desa Satu Diniyah yaitu adanya peningkatan pengalaman, pengetahuan, keterampilan beribadah dan sikap terpuji dari masing-masing peserta didik yang ada di madrasah diniyah. Sosialisasi juga sudah dilakukan dengan baik. Sosialisasi dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir kepada kepala sekolah, kepala desa, guru dan juga masyarakat yang ada di Kabupaten Ogan Ilir. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir juga bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ogan Ilir dalam melakukan sosialisasi karena berkaitan dengan desa dan juga letak setiap madrasah diniyah yang ada di desa. Kurikulum yang diberikan mengadopsi dari kurikulum diniyah yang sudah berjalan dan disederhanakan lagi namun tetap terus dilakukan evaluasi misalnya pelajaran tauhid, Al Quran, hadist, fiqih, sejarah islam, cara sholat yang benar dan cara berwudhu.
Â
Kata Kunci : efektivitas, pelaksanaan, program
Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Rahmat, A. 2017. Manajemen Pendidikan Nonformal. Purwosari: Wade
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja sektor publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Agung, Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. Penerbit Pembaharuan.
Wahab, Abdul. 2014. Analisis Kebijakan (Dari Formulasi Ke Implementasi) Kebijakan Negara. Cetakan kedua Jakarta: Bumi Aksara
Westra, Pariata dkk. 2010. Ensiklopedia Administrasi. Jakarta: Gunung Agung
Wibawa, Samudra. 2014. Kebijakan Publik Proses dan Analisis. Jakarta
Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta
Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Edisi Ke-2. Jakarta: Salemba Humanika
M. Fathurrahman, 2016. Efektivitas Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Program Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, Vol.1 No.1
Humairoh, Fifit, M. Huda AY dan Mustiningsih, 2016. Implementasi Kebijakan Program Wajib Madrasah Diniyah Sebagai Pendidikan Alternafif Penanaman Karakter. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol.1, No.12.
Nasrullah, 2015. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal salam, Volume 18. No 1.
Agustino, Leo. 2016. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta
Koton, Y. P. 2019. Restrukturisasi Organisasi. Yogyakarta: Deepublish
Kusdi. 2011. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanik
Tangkilisin, H. N. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Indrawijaya, A.I. 2014.Teori, Prilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama