IMPLEMENTASI BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI PADA DESA TIMBANGAN KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR)

Authors

  • Retno Pratiwi Universitas Indo Global Mandiri
  • Isabella Isabella Universitas Indo Global Mandiri
  • Novia Kencana Universitas Indo Global Mandiri
  • Harsi Romli Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v7i1.1998

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Indralaya Utara Desa Timbangan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil analisis dan temuan di lapangan dari penelitian ini adalah (1)Komunikasi dilihat dari penyampaian informasi, kejelasan informasi dan sosialisasi sudah berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari adanya sosialisasi dan koordinasi yang dilakukan secara. (2)Sumber Daya juga sudah cukup karena baik dari sumber daya manusianya berjumlah 99 orang yang memang merupakan orang-orang yang berkompeten dan telah banyak mengikuti pelatihan maupun pembinaan. (3)Disposisi pada indikator ini peneliti menemukan adanya penyimpangan yang dilakukan oleh pendamping PKH pada saat pencairan dana bantuan yang tidak sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Keluarga Harapan dan Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan PKH. (4)Struktur Birokrasi pada indikator ini Struktur Birokrasi sudah jelas karena SOP dalam pelaksanaan bantuan ini berpedoman pada buku teknis penyaluran bantuan PKH dan buku pedoman pelaksanaan keluarga harapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka peneliti dapat menyimpulkan mengenai Implementasi Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir sudah berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa hambatan tetapi dapat diatasi oleh pihak yang telibat dalam program bantuan ini. Saran dalam penelitian ini adalah para pendamping PKH harus selalu diberikan pelatihan dan training dengan tema etika dan perilaku dan untuk keberlangsungan program bantuan ini sebaiknya digantikan dengan program bantuan lain dengan cara pemberian modal usaha kepada warga tidak mampu agar dapat menumbuhkan sikap mandiri dan meningkatkan perekonomian.

 

Kata Kunci : Implementasi, Kesejahteraan Sosial,PKH

Author Biographies

Retno Pratiwi, Universitas Indo Global Mandiri

Prodi Ilmu Pemerintahan

Isabella Isabella, Universitas Indo Global Mandiri

Prodi Ilmu Pemerintahan

Novia Kencana, Universitas Indo Global Mandiri

Prodi Ilmu Pemerintahan

Harsi Romli, Universitas Indo Global Mandiri

Prodi Ilmu Pemerintahan

References

Afrizal. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Agustina, R. 2014. Analisa Implementasi Program Otonomi Desa Dalam Pembangunan Sarana

Olahraga di Desa Sungai Segajah Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Suharno 2008: 187. HUSNA, E.Ardianti, E. 2018. Implementasi Pogram Keluarga Harapan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kecamatan Bukit.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Ilir BPS, 2019.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia BPS, 2018.

Bestari Kota Tanjungpinang. Implementasi Pogram Keluarga Harapan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang. Eni Ardianti 2018 Bappenas yang dikutip Wardan 2009:14.

Ekardo, A., Firdaus, F., & Elfemi, N. 2014. Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam upaya Pengentasan Kemiskinan di Nagari Lagan Hilir, Kab. Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 3(1), 1-9.

Garis Kemiskinan BPS diakses pada tanggal 15

Februari 2020.

Haris, A. M. A. 2018. Masalah Kemiskinan Suatu Tantangan Bagi Profesi Pekerja Sosial. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1). Tjokrowinoto dalam Sulistiyani 2017:27 Sulistiyani 2017:27-28.

Ilo, W. D. F. Z. A. 2020. EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI NAGARI TANJUANG BUNGO KECAMATAN SULIKI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. JurnalManajemen Kompeten, 2 (2). Nazara dalam Nurwati 2008:5.

IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT PERDESAAN MELALUI UED-SP DESA BALAI MAKAM KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Grindle dalam abdul Wahab 2005.

Iqbal Nugraha., 2018, IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN OLEH UNIT PELAKSANA PKH (UPPKH) DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG TIMUR,

ISNANI, R. 2018. EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA KARANG REJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN. Sulistyani 2017:29-30.

Kemensos RI 2019 diakses pada 26 Februari 2020.

LAPORAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH KABUPATEN OGAN ILIR TAHUN 2017 diakses pada 3 Maret 2020.

Laluhang, S. M. 2015. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam

Rangka Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kendahe II Kecamatan Kendahe Kabupaten Sangihe. Jurnal Eksekutif, 1(7).

Wahab, Solichin Abdul. 2016. Analisis Kebijakan : Dari formulasi ke penyusunan Model “Implementasi Kebijakan Publikâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurfahira Syamsir., 2014, EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN

(PKH) DI DESA KARANG REJO KECAMATAN NEGERI KATON KABUPATEN PESAWARAN.

Panduan Umum PKH 2016:20-22 diakses pada 7 Maret 2020.

Panduan Umum PKH 2016:13-14 diases pada 7 Maret 2020.

Panduan Umum Kelurahan/Desa Timbangan Kecamatan Ogan Ilir 2021.

PUTRI, A. A. A. P. A., ARNAZTIKHA, A., Lipneldi, L., & Suratman, S. ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu). Suratman 2016.

Putri, N. 2018. IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) OLEH PELAKSANA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPKH) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN (Studi di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis). Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 133-140.

Bangun, H., Siagian, M., & Humaizi, H. 2019. The Effectiveness of the Ministry of Social Family's Hope Program (Program Keluarga Harapan) in Increasing the Welfare of the District of Medan Johor. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(4), 125-134. Akhmad Rozi 2011

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Pratiwi, R., Isabella, I., Kencana, N., & Romli, H. (2022). IMPLEMENTASI BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) (STUDI PADA DESA TIMBANGAN KECAMATAN INDRALAYA UTARA KABUPATEN OGAN ILIR). Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 7(1). https://doi.org/10.36982/jpg.v7i1.1998

Issue

Section

Articles