Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP di Zona VIII Kecamatan Sematang Borang

Authors

  • Rama Ramadhan Universitas Indo Global Mandiri
  • Isabella Isabella Universitas Indo Global Mandiri
  • Novia Kencana Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.36982/jpg.v9i1.3721

Keywords:

Performance of the State Civil Aparatus, E-KTP Marking Services, Zone VIII Office

Abstract

The ability of the State Civil Apparatus to provide services to the community is crucial in ensuring the smooth running of government administrative processes at the lowest level. Through this research, the researcher intends to find out how the State Civil Apparatus performs, especially in the process of providing e-KTP services to the community. This research itself is located in Zone VIII, Sematang Borang District, using qualitative methods and a case study approach. The results of this research show that the e-KTP making service in Sematang Borang District has not been running optimally, which is caused by various factors, including facilities or work tools that often have errors when they are used, which makes work a little hampered by the large number of people who want to make an e-KTP, the place can be said to be not very suitable because it is still shaped like a normal house, the parking space is narrow, and the human resources are minimal. The solution that the author can provide is that it is necessary to carry out evaluation and restructuring measures in terms of work facilities or tools in Zone VIII, Sematang Borang District, expanding the premises and also adding Human Resources, so that work is optimal and in accordance with applicable operational hours.

Author Biographies

Isabella Isabella, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Novia Kencana, Universitas Indo Global Mandiri

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Ade Arista Ningsih. (2021). Kinerja Aparatur Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Nunukan Tengah Kabupaten Nunukan. Jurnal. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar

Creswell, W. John, 2020. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif dan Campuran Edisi Keempat, Cetakan ke-2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darmanto & Syarif Fadillah. (2020). Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah dalam Rangka Pelayanan Publik. Jurnal. Prodi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Universitas Terbuka

Friska Fitri Handayani. (2022). Analisis kinerja aparatur sipil negara dalam meningkatkan pelayanan publik di Kantor Camat Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan. Jurnal. Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Junianto, I., Isabella, I., & Kencana, N. (2020). Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 5(1).

Marnawati, Maskan dan Marsuq. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur. Jurnal. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Muh. Kadarisman. (2021). Efektifitas Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Administrasi Di Kota Depok. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Teguh Prabowo, Andi Rasyid Pananrangi dan, Juharni. (2021). Kinerja Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Jurnal. Program Studi Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Bosowa Makassar

Muhammad Yudha Hernanda Lessy. (2021). Kinerja Aparatur Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan Di Kabupaten Buru Provinsi Maluku. Jurnal. Program Studi Manajemen Sumber Daya Aparatur

Nelvi Salim. (2022). Kinerja Aparat Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Duampanua Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal. Universitas Hasanuddin.

Nuronniah, Linggi, R. K., & Budiman. (2017). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Samarinda, 5(4), 1559–1570.

Roza Claudia Sanger. (2020). Kinerja Aparatur Pemerintah Kecamatan Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Suatu Studi Pelayanan E-Ktp Di Kecamatan Langowan Timur). Jurnal. Prodi Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi, Universitas Terbuka

Silaen, et all. (2020). Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor. IN MEDIA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Undang–Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Yesi Nur Agustina. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Kantor Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo). Jurnal. Universitas Islam Malang Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Malang

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Ramadhan, R., Isabella, I., & Kencana, N. (2024). Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pelayanan Pembuatan e-KTP di Zona VIII Kecamatan Sematang Borang. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 9(1), 63–70. https://doi.org/10.36982/jpg.v9i1.3721

Issue

Section

Articles